Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 40.609 siswa kelas 3 SMA dan SMK dari 10 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur, siap mengikuti Ujian Nasional (UN) baik UN yang berbasis kertas lembar jawaban, maupun UN berbasis komputer bagi sekolah yang siap.

"Jumlah siswa sebanyak itu merupakan data per tanggal 19 Maret, hari ini. Sedangkan untuk UN Online atau UN berbasis komputer, hanya diterapkan pada sekolah yang sudah siap, telah diverifikasi, dan sekolah yang telah dilakukan uji coba," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Deslan Nispayani di Samarinda, Kamis.

Deslan yang juga Wakil Ketua UN Tingkat Provinsi Kaltim melanjutkan, di Kaltim telah ada 12 sekolah baik SMP, SMA/SMK yang telah ditunjuk Kementerian Pendidikan untuk melakukan UN secara online atau UN bebasis komputer, termasuk masih ada sejumlah sekolah yang hingga saat ini masih diverifikasi oleh Kemendikbud tentang kesiapannya mengikuti UN Online.
    
Ke 12 sekolah yang telah siap melakukan UN Berbasis Komputer itu adalah SMAN 1 Balikpapan, SMAN 2 Balikpapan, SMAN 5 Balikpapan, SMA Patra Dharma Balikpapan, SMA Muhammadiyah 2 Al-Mujahidin Balikpapan, SMA Vidatra Bontang, dan SMA YPK Bontang.
    
Kemudian SMAN 1 Tanah Grogot Kabupaten Paser, SMK Bhakti Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) Bontang, SMPN 1 Bontang, dan SMPN 1 Balikpapan.
    
Sedangkan sejumlah sekolah yang hingga 19 Maret ini masih dilakukan verfikasi oleh Kemendikbud tentang kesiapannya melakukan UN Online adalah, di Samarinda ada SMPN 1, SMPN 2, SMKN 1, SMKN 5, SMKN 6, SMKN 7.

"Termasuk SMKN 2 Balikpapan dan SMKN 3 Balikpapan. Sampai saat ini kami belum mengetahui persis apakah sekolah tambahan yang diverifikasi oleh Kemendikbud itu bisa lolos mengikuti UN Online atau tidak, karena hingga hari ini proses verifikasinya masih berlangsung," katanya.
    
Bagi sekolah yang tidak lolos verifikasi untuk mengikuti UN Berbasis Komputer, katanya lagi, maka UN tepat dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni UN berbasis kertas dengan menggunakan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN).
    
Terkait dengan jumlah peserta UN SMA/SMK yang sebanyak 40.609 siswa tersebut, rinciannya adalah peserta UN dari SMA sebanyak 20.279 siswa dan peserta UN dari SMK sebanyak 20.330 siswa. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015