Samarinda, (ANTARA Kaltim) - Sejumlah pekerjaan fisik baik jalan, gedung TK, PAUD, Posyandu dan lainnya di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, dari dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan tahun anggaran 2014 dijadwalkan tuntas pada Maret ini.

"Saat ini pembangunannya ada yang sudah 90 persen, 95 persen, dan ada yang 97 persen, sehingga ditargetkan sebelum akhir Maret 2015 sudah tuntas. Sedangkan proyek yang lain semuanya sudah tuntas," ujar Fasilitator PNPM-MPd Kabupaten Paser Lilik Istiyawan dihubungi dari Samarinda, Rabu.

Sejumlah proyek yang bakal tuntas Maret tersebut, tersebar di sejumlah desa pada empat kecamatan dari total sembilan kecamatan di Kabupaten Paser, yakni Kecamatan Muara Samu, Batu Sopang, Tanjung Harapan, dan Pasir Belengkong.

Pada 2014, lanjut dia, Kabupaten Paser mendapat Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari PNPM-MPd senilai Rp22,65 miliar, terdiri dari BLM dari APBN senilai Rp7,77 miliar dan BLM dari APBD Paser senilai Rp14,88 miliar.

BLM tersebut disebar untuk sejumlah desa pada sembilan kecamatan, yakni untuk Kecamatan Batu Engau mendapat alokasi Rp2,8 miliar, Kecamatan Batu Sopang Rp2,42 miliar.

Kecamatan Kuaro dipercaya mengelola BLM senilai Rp2,91 miliar, Long Ikis Rp2,9 miliar, Long Kali Rp2,86 miliar, Kecamatan Muara Komam mendapat alokasi Rp2,41 miliar, dan Muara Samu Rp1,41 miliar.

Berikutnya Kecamatan Pasir Belengkong mendapat kepercayaan mengelola kegiatan senilai Rp2,42 miliar, selanjutnya sejumlah desa di Kecamatan Tanjung Harapan mendapat jatah BLM senilai Rp2,49 miliar.

Ia menjelaskan pemanfaatan dana untuk masing-masing desa berbeda-beda karena disesuaikan dengan usulan masyarakat, kemudian diverifikasi tim guna menentukan pekerjaan apa yang menjadi prioritas dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Di antara pekerjaan yang dilakukan dari anggaran 2014 pada desa-desa di Kabupaten Paser adalah pembangunan jalan lingkungan dengan rabat beton, pembangunan pasar umum, pembangunan gedung Taman Kanak-kanak (TK), pembangunan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Paly Group.

Peningkatan jalan antardesa maupun jalan akses pertanian, pembuatan parit desa, pembangunan gedung Posyandu, pembuatan jalan dengan konstruksi kayu untuk daerah rawa, pengadaan listrik desa berupa PLTD, sarana air bersih, pembangunan dermaga sungai, dan pembangunan lain yang sesuai dengan usulan warga. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015