Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak 250 siswa SMA dari 10 kabupaten/kota mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kalimantan Timur, 17-18 Maret, untuk menjadi yang terbaik agar dapat mengikuti OSN nasional di Yogyakarta, Mei 2015.

"Mata pelajaran yang diseleksikan dalam OSN jenjang SMA terdapat sembilan sain, yakni matematika, biologi, fisika, kimia, komputer, astronomi, geografi, kebumian, dan ekonomi," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Musyahrim di Samarinda, Selasa.

Sedangkan 250 pelajar SMA yang mengikuti OSN tersebut, tesnya dibagi dua kali, yakni 112 peserta mengikuti tes atau ujian pada 17 Maret, kemudian selebihnya yang sebanyak 138 peserta akan mengikuti ujian pada 18 Maret.

Tes pada 17 Maret adalah untuk empat mata uji, yakni matematika, bilogi, kimia, dan fisika. Sementara tes pada 18 Maret adalah untuk lima mata uji, yakni komputer, astronomi, geografi, kebumian, dan ekonomi.

Menurutnya, melalui kompetisi OSN diharapkan dapat mencetak generasi muda yang sukses dan bermartabat, khususnya dalam pengetahuan dari jenjang formal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam olimpiade sain ini mengajarkan siswa melakukan hal positif dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, karena dari kegiatan ini siswa akan mampu menggali pengetahuan dan meningkatkan kreativitasnya dalam pelajaran yang telah diterima dari guru.

Hal terpenting dalam kegiatan ini adalah, diharapkan para siswa dapat lebih mencintai pelajaran sehingga ke depan akan memberikan motivasi bagi mereka untuk rajin belajar dan kreatif dalam mencari referensi untuk pengetahuan sejenis.

Menurut Musyahrim, di antara tujuan OSN tingkat Kaltim adalah untuk mencari juara pertama guna mengikuti OSN tingkat nasional, kemudian untuk membangkitkan minat peserta didik dalam mencintai dan memupuk kegemaran terhadap mata pelajaran yang disukai.

Tujuan lainnya adalah untuk menggali kemampuan pengetahuan siswa, yakni dalam memahami mata pelajaran yang diterima di masing-masing sekolah selama ini baik matematika, kebumian, astronomi, komputer, dan mata pelajaran lain.

Melalui olimpiade ini diharapkan mampu menanamkan sifat kompetitif yang sehat, kesadaran dan keberanian mencoba, sekaligus meraih berprestasi secara optimal sesui dengan keterampilan yang dimiliki masing-masing siswa. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015