Sangatta (ANTARA Kaltim) - Bupati Kutai Timur, Isran Noor kembali memberikan bantuan modal usaha kepada para ratusan pedagang kecil di pasar tradisional Sangatta Selatan dengan total sebesar Rp600 juta.

Bantuan modal usaha bagi pedagang kecil itu diberikan Isran Noor saat meresmikan pasar tradisional Sangatta Selatan, Kutai Timur, Selasa.

"Uang untuk bantuan modal ini merupakan uang dari honor-honor yang selama ini saya kumpulkan," kata Isran Noor, yang mendapat tepuk tangan dari ratusan pedagang.

Selama menjabat Bupati Kutai Timur, Isran Noor mengaku mendapatkan honor dari berbagai kegiatan dan acara, yang kemudian dikumpulkan untuk membantu warga yang mau berusaha,, tetapi tidak mempunyai modal.

"Jadi, uang honor selama bertahun-tahun saya kumpulkan di dalam laci. Tapi, memang sudah saya niatkan," kata Isran yang hadir dengan didampingi istrinya Hj Norbaiti, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Tetapi, tambahnya, untuk mendapatkan bantuan modal usaha, para pedagang kecil tetap akan diseleksi dan memenuhi sejumlah persyaratan.

"Syaratnya untuk mendapatkan modal dari saya, para pedagang wajib membentuk koperasi agar pengelolaannya bagus," ujarnya.

Sebelumnya, Isran Noor juga telah memberikan modal usaha bagi pedagang kecil di pasar induk Teluk Linga, Kecamatan Sangatta Utara, dengan jumlah sama sebesar Rp600 juta.

Bantuan modal tersebut digunakan dan dikelola melalui koperasi pasar yang sudah terbentuk, sehingga saat ini bantuan modal terus berputar, bahkan sudah meningkat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kutai Timur Irawansyah mengatakan bantuan modal usaha dari bupati saat ini sudah berkembang menjadi sekitar Rp700 juta dan sangat membantu para pedagang yang modalnya kecil.    (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015