Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, merealisasikan pembangunan kolam renang bertaraf nasional di komplek olahraga Jalan Soekarho Hatta, Sangatta, pada tahun ini.


Ketua Umum KONI Kabupaten Kutai Timur Harpandi ketika ditemui di Sangatta, Selasa, mengatakan pembangunan kolam renang yang anggarannya dari APBD 2015 itu dijadwalkan rampung pada 2016.


"Pembangunan sudah dimulai tahun ini dan ditargetkan rampung tahun depan, sehingga nantinya bisa digunakan pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kutim 2016," katanya tanpa merinci jumlah anggaran pembangunan kolam renang tersebut.


Didampingi Sekretaris Umum KONI Kutim Ismaun, ia menambahkan pembangunan fasilitas kolam renang itu merupakan bagian dari rencana pembangunan beberapa sarana olahraga untuk menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2018 di Kutim.


Sebagai tuan rumah penyelenggara, lanjut Harpandi, Kutai Timur harus melengkapi berbagai sarana dan prasarana serta fasilitasi olahraga, termasuk menyiapkan dan membangun "venue@ yang belum ada.


Selain kolam renang, sejumlah sarana olahraga lain yang juga akan dibangun Pemkab Kutim adalah lintasan balap sepeda, atletik, dan lapangan futsal.


Sementara beberapa sarana dan fasilitas lain yang sudah ada juga akan dibenahi sesuai standar nasional, seperti lintasan sepatu roda yang belum dilengkapi sarana pendukung dan juga fasilitas olahraga lainnya.


"Kolam renang yang dibangun dengan standar nasional akan dilengkapi beberapa fasilitas, seperti ruang ganti atlet, tribun penonton, ruang rapat dan aula serba guna," tambahnya.


Selama ini, Kutim belum memiliki fasilitas kolam renang memadai sehingga para atlet daerah setempat masih menggunakan kolam renang pinjaman milik swasta.


"Sebenarnya lintasan atletik sudah ada di stadion sepak bola, tapi belum bertaraf nasional karena masih berupa tanah. Ini semua menjadi tugas KONI untuk mengusulkan ke Pemkab Kutim agar fasilitas yang belum ada dibangun dan yang sudah ada diperbaiki," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015