Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur telah menyelesaikan proses validasi dan verifikasi daftar nominasi tetap peserta ujian nasional, baik untuk jenjang SMP maupun SMA dan sederajat, yang diserahkan oleh semua sekolah.

"Sebelumnya, panitia melakukan verifikasi dan validasi daftar nominasi sementara (DNS) peserta ujian nasional (UN). Setelah verifikasi, kemudian ditetapkan DNT (daftar nominasi tetap)-nya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim di Samarinda, Senin.

Musyahrim yang didampingi Wakil Koordinator Pendataan UN Kaltim Agus Harry, melanjutkan sesuai Peraturan Menteri Nomor 144 Tahun 2014, jadwal persiapan pelaksanaan UN hingga 8 Februari 2015 adalah proses cetak dan distribusi DNT, yang dilanjutkan dengan cetak dan distribusi daftar peserta ujian.

Sementara proses pengiriman nilai rapor dari sekolah ke Dinas Pendidikan di kabupaten dan kota dilakukan pada 19-31 Januari. Dilanjutkan pengiriman dari kabupaten/kota kepada Dinas Pendidikan Kaltim pada 2-14 Februari.

Selanjutnya, dari Dinas Pendidikan Kaltim dikirim ke Kemendikbud pada 16-28 Februari. Sedangkan pengiriman nilai ujian sekolah (US) untuk jenjang SD dari provinsi ke pusat dilakukan pada 1-7 April.

Ia mengatakan, berdasarkan jadwal sementara, pelaksanaan UN jenjang SMA dan sederajat dilaksanakan pada 14-16 April, sementara ujian susulan digelar pada 22-24 April.

"Pelaksanaan UN untuk jenjang SMP dan sederajat pada 4-8 Mei, dan ujian susulan digelar pada 12-15 Mei," ujarnya.

Sementara pengumuman kelulusan untuk jenjang SMA dilakukan pada 20 Mei, menyusul kelulusan jenjang SMP diumumkan pada 9 Juni.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kaltim, jumlah peserta UN jenjang SMA/MA sebanyak 27.842 siswa, peserta SMK/MAK 15.359 siswa, peserta UN jenjang SMP/MTs sebanyak 46.370 siswa, dan jumlah peserta US jenjang SD/MI sebanyak 62.320 siswa.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015