Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Sebagian besar wilayah di 18 kecamatan Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur, diguyur hujan dengan intensitas ringan, Senin.

Dilaporkan, khusus kota sangatta utara dan selatan dan sekitarnya sejak pagi pukul 06.00 Wita sudah diguyur hujan ringan dengan disertai angin ringan pula.

Akibat diguyur hujan mengakibatkan sejumlah ruas jalan dalam kota dan gang - gang digenangi air hujan.

"Air tidak mengalir karena drainasenya tidak bagus. Air hanya berputar-putar di rumah-rumah penduduk," kata Thalib warga Jalan AW. Syahrani, Senin.

Pantauan dilapangan, jalan menuju pusat perkantoran Pemkab Kutai Timur dibukit pelangi yang berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota juga sepih kendaraan roda dua.

Hanya terlihat kendaraan roda empat yang menuju kawasan itu, sedangkan kendaraan roda dua hanya sedikit yang menggunakan baju hujan.

Hujan ringan juga mengguyur sebagian desa di kecamatan Kongbeng dan kecamatan muara wahau sejak pagi.

"Saya kebetulan hari ini di sangatta urusan dinas, tapi saya terima lapiran staf kalau terjadi hujan disana sejak pagi," kata Camat Kongbeng Furkani.

Menurut Famat Furkani, sejak beberapa hari terakhir hujan terjadi di Kongbeng, meskipun tidak deras, tapi mempengaruhi aktivitas masyarakat.

Camat mengatakab banyak warga tidak beraktivitas seperti di kebun karena terhambat hujan.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur terkait kondisi cuaca didaerah itu.

Namun berdasarkan data dan prakiraan pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Provinsi Kalimantan Timur, bahwa daerah sangatta hari ini hingga esok hari terjadi hujan ringan.

Prakiraan cuaca BMKG Provinsi Kalimantan Timur, 5 Januari pukul 07.00 WIB hingga 6 Januari 2015 pukul 07.00 WIB, wilayah Sangatta diguyur curah hujan ringan,suhu 26-30 derajat Celsius.

Sedangkan kecepatan angin mencapai 10 kilomete rperjam dengan arah angin barat daya.
Hingga berita ini dikirim hujan ringan masih terjadi namun angin ribut tidak lagi terjadi(*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015