Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindag) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kaltim Ichwansyah mengatakan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) 2015 merupakan peluang besar bagi para pelaku usaha di daerah Kaltim.

"MEA 2015 harus kita sambut positif karena jelas akan memberikan dampak sangat luas bagi peningkatan pembangunan ekonomi dan kemajuan daerah yang juga diharapkan berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat," kata Ichwansyah di Samarinda, Kamis.

Terbukanya pasar ASEAN selayaknya dimanfaatkan dengan baik sehingga produk-produk Kaltim nantinya dapat bersaing setidaknya di pasar negara-negara Asia Tenggara.

Persiapan paling utama yang dilakukan Pemprov Kaltim untuk menyongsong pemberlakuan MEA diantaranya adalah meningkatkan fasilitas infrastruktur, baik berupa jalan, pelabuhan laut dan bandar udara, kelistrikan dan lain sebagainya, katanya.

Pemprov Kaltim lanjut Ichwansyah juga terus mendorong upaya-upaya meningkatkan sumber daya manusia dan kesiapan usaha sektor industri kecil dan menengah serta pelaku usaha perdagangan.

"Peningkatan nilai tambah produk dengan membangun kawasan-kawasan ekonomi potensial dan prospektif terus dilakukan diantaranya adalah pembangunan kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) Maloy di Kutai Timur dan kawasan industri Kariangau di Kota Balikpapan," kata Ichwansyah.

Dari dua kawasan ini diharapkan, terbangun industri-industri manufaktur yang menjadi pusat pengembangan industri dari bahan mentah menjadi produk-produk bernilai tambah. Baik berupa pengolahan hasil sumber daya alam tidak terbarukan semacam batu bara, maupun industri pengolahan hasil pertanian dan perkebunan, seperti sawit dan karet. Pengembangan ekonomi kreatif juga akan terus dimasyarakatkan, katanya.

"Tentu kita harus bekerja keras untuk menyongsong era pasar terbuka ini," imbuh Ichwansyah.(*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014