Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur siap menggelar debat pertama untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Kaltim, dibagi menjadi enam segmen mulai pemaparan visi misi hingga tanya jawab antarpasangan calon.

"Debat Pilgub Kaltim terdiri dari enam segmen. Segmen pertama diisi dengan penyampaian visi dan misi oleh masing-masing pasangan calon, kemudian segmen kedua dan ketiga diisi dengan menjawab pertanyaan yang dibuat oleh tim panelis," kata Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kaltim, Abdul Qoyyim Rasyid di Samarinda, Selasa.

Lanjut dia, segmen keempat dan kelima akan diisi dengan sesi tanya jawab antara calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Qoyyim menyampaikan bahwa persiapan debat telah mencapai tahap finalisasi. Debat disiarkan secara langsung dari Convention Plenary Hall Sempaja, Samarinda, pada Rabu (23/10) malam.

"Kami terakhir tadi rapat dengan tim pasangan calon, tim perumus, dan Polda terkait kesiapan untuk besok malam. Hasil rapatnya, kami menyampaikan susunan acara kepada tim dan tata tertibnya," ujar Qoyyim.

Menurutnya untuk segmen tanya jawab, para kandidat saling melempar pertanyaan dan disambut jawaban oleh pasangan lainnya antara calon gubernur dan wakil gubernur. Jika masih ada waktu yang tersisa dari waktu yang sudah ditentukan, mereka bisa saling melengkapi. 

"Misalnya, jika calon gubernur yang bertanya kepada calon gubernur rival dan masih ada waktu, bisa dibantu oleh pasangan calon wakilnya. Begitu juga sebaliknya," jelas Qoyyim.

Segmen terakhir, yaitu segmen keenam, diisi dengan pernyataan penutup. Isi pernyataan penutup bisa saja berisi visi misi yang belum tersampaikan atau ajakan memilih untuk meyakinkan publik agar memilih mereka di hari pemilihan nanti. 

"Waktu atau durasinya sudah diatur untuk masing-masing pasangan calon," tambahnya.

Durasi keseluruhan debat masih dalam tahap finalisasi, namun diperkirakan maksimal 180 menit atau tiga jam, termasuk durasi iklan selama 30 menit. 

"Dalam rancangan, durasi debat sekitar 122 menit dalam penyiaran, belum termasuk iklan," ujar Qoyyim.

KPU Kaltim juga telah mengatur jumlah pendukung yang bisa hadir dalam debat. Massa pendukung dengan calonnya maksimal 150 orang per pasangan calon, jadi sekitar 300 orang ditambah kru dan lainnya, jika ditotalkan sekitar 500 orang di dalam ruangan. 

Tim panelis debat terdiri dari lima orang yang berasal dari kalangan profesional, akademisi, dan tokoh masyarakat. Akademisi yang dilibatkan berasal dari bidang sesuai tema, mulai dari bidang ekonomi, pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat. Ada pun tema pada debat Pilgub 2024 perdana ialah "Penguatan Pondasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat".

"Tim perumus telah mencari tim panelis yang berhubungan dengan disiplin ilmunya dan kualifikasi profesionalisme," tambah Qoyyim. (Adv)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024