DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), memfokuskan peningkatan kebersihan lingkungan di daerah yang dikenal Benuo Taka itu agar asri dan nyaman.
 
"Kami bersama pemerintah kabupaten (pemkab) lakukan kajian teknis untuk tingkatkan kebersihan lingkungan," ujar anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Hariyono di Penajam, Selasa.
 
Armada pengangkut sampah, lanjut dia, harus disesuaikan kebutuhan yang bisa diusulkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
 
Pengadaan armada pengangkut sampah diperlukan anggaran yang cukup besar, kata dia, sehingga diperlukan dukungan anggaran yang bisa dilakukan setiap tahun.
 
"Armada pengangkut sampah harus disesuaikan kebutuhan dan fungsi, agar sampah dapat diangkut dengan maksimal," ucapnya.
 
"Selama menjadi kebutuhan dinas terkait dan untuk kepentingan masyarakat, maka wajib diprioritaskan dalam pengusulan," kata Hariyono.
 
DPRD dan pemkab, kata Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara lainnya Syarifuddin HR, juga melakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat menjadi kebersihan lingkungan.
 
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, kata dia,  didukung untuk menjalankan program dalam memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat mengenai pengelolaan sampah dan mempertahankan lingkungan bersih secara berkelanjutan.
 
Inovasi dalam pengelolaan sampah dan lingkungan, lanjutnya, terus dilakukan berdasarkan ketentuan dan aturan yang berlaku terkait pengelolaan sampah dan lingkungan.
 
Melakukan evaluasi melalui kajian teknis mengenai pengelolaan sampah dan lingkungan, kata dia, terus dilakukan untuk perbaikan pengelolaan sampah dan lingkungan.
 
"Upaya yang dilakukan juga berkaitan dengan bonus berupa Piala Adipura yang dapat menjadi motivasi masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan," kata Syarifuddin HR.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024