Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan terus mematangkan persiapan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Walikota periode 2024-2029 pada  27 November mendatang.

"Dengan persiapan yang matang, KPU Balikpapan optimis pelaksanaan Pilkada 2024 akan berjalan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan," kata Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono, Selasa (8/10).

Ia mengatakan persiapan saat ini adalah tahapan persiapan logistik serta pematangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, untuk logistik sudah ada beberapa yang tiba di Kota Balikpapan dan sudah masuk di gudang KPU yang terletak di Jalan Alam Baru Somber, Balikpapan Utara.

Dia menjelaskan, logistik yang sudah tiba di Balikpapan diantaranya tinta, kabel pengikat atau cable ties, segel, serta bilik suara. Sementara  yang masih berproses  adalah  daftar pasangan calon (DPC), formulir A4, dan formulir Plano serta surat suara.

"Semua masih di cetak, surat suara sedang dicetak di Semarang, sedangkan formulir di Samarinda. Kami harap dalam dua minggu ke depan, semua barang tersebut sudah mulai masuk," harapnya.

Sementara itu, terkait SDM dalam hal ini, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yang berjumlah 6.972 orang sudah diterima oleh KPU

"Daftar KPPS sudah diterima dan penetapan serta pelantikan mereka dijadwalkan pada 7 November," kata Yuhdo.

Lanjutnya, setelah dilantik, anggota KPPS akan langsung mengikuti pelatihan teknis (Bimtek).

"Bimtek itu untuk mempersiapkan mereka menjalankan tugasnya dengan baik pada hari pemungutan suara,” ujar Yuhdo..

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024