Sekretaris perusahaan PT Bank Neo Commerce (BNC) Tbk Agnes F Triliana menyampaikan mengapa lembaganya bisa mendapat 27 juta nasabah hanya dalam empat tahun walaupun tidak memiliki satu pun kantor cabang.

“Kami berbeda, karena kami mendengarkan keinginan nasabah, dan kemudian benar-benar mewujudkannya, apakah dalam bentuk layanan ataukah dalam bentuk produk perbankan,” kata Agnes di FinExpo di atrium Mal Pentacity, Balikpapan, Jumat.

Bank Neo Commerce adalah bank digital pertama di Indonesia. Bank ini resmi berdiri pada 2020 dan sepenuhnya digital dan tanpa kantor cabang di mana pun di Indonesia. Bank menjalankan fungsi perbankannya melalui aplikasi yang disebut neobank.  

Ia mengatakan keinginan atau nasabah tersebut dianggap peluang inovasi, maka lalu dikaji dan diuji. Bila dianggap layak, maka akan segera diluncurkan.

Agnes memberi contoh dari aplikasi neobank yang dikembangkan BNC. Di aplikasi itu ada fasilitas yang disebut neo jurnal untuk layanan penataan keuangan pribadi dan ada neo bisnis untuk pembukuan usaha kecil. Nasabah turut menyempurnakan fasilitas tersebut melalui usulan di berbagai kanal media sosial Bank Neo Commerce.

Selanjutnya, bagian dari kiat Bank Neo adalah hal yang sudah lazim seperti mengembangkan komunikasi dua arah dengan nasabah, dengan para pemegang kebijakan dan pengambil keputusan di berbagai level. Juga melakukan hal yang sudah jadi resep umum sukses seperti berinovasi dan melakukan kegiatan promosi, edukasi, dan terus mengembangkan produk dan layanan.  

Dalam kesempatan itu juga Agnes mengatakan, bahwa Bank Neo yang serba digital adalah wujud nyata dari inklusi dan literasi keuangan di Tanah Air. Dengan berada secara daring, BNC memudahkan akses masyarakat kepada layanan perbankan karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja selama jaringan internet tersedia.

“Karena itu kami berkomitmen untuk selalu aktif berperanserta dalam setiap upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia seperti FinExpo ini,” kata Agnes.

Maka BNC melakukan promosi dan edukasi keuangan secara kontinu kepada masyarakat melalui berbagai kanal pemasaran dan komunikasi. Upaya ini menjadi sebab Bank Neo Commerce mendapat penghargaan sebagai Bank Teraktif dalam kegiatan Literasi Award di ajang LPS Awards pada 2023 lampau. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024