Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Markas Komando Pangkalan Laut (Makolanal) Sangatta menggelar Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) selama tiga hari, dimulai 30 September dan berakhir 2 Oktober 2014.

Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai arena menguji kemampuan prajurit dalam mengemban tugas pokok dan fungsi Pangkalan, kata siaran pers dari Markas Komando Pangkalan Laut (Mako) Lanal Sangatta, diterima ANTARA Biro Kaltim, Kamis.

Ia menyebutkan, kegiatan Tim Uji Terampil Glagaspur dengan Tim Uji terampil dari Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur (KOLAT ARMATIM) yang dipimpin Wakil Ketua Tim Letkol Laut (P) Alan Dahlan.

"Uji terampil Glagaspur Pangkalan TK. I (P1) dan TK. II (P2) di Mako Lanal Sangatta, dengan Kaji Ulang seluruh materi kegiatan yang diujikan ditutup, hari ini, "kata Komandan Mako Lanal Sangatta, Letkol Laut Dadang Somantri.

Menurut Dan Lanal, Letkol Laut Dadang Somantri , Tim Uji Terampil Glagaspur terampil dari Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur (KOLAT ARMATIM) yang dipimpin Wakil Ketua Tim Letkol Laut (P) Alan Dahlan dan 9 anggota, menguji kemampuan dan kehandalan pangkalan sebagai komponen SSAT (Satuan Senjata Armada Terpadu) guna mencapai kesiapan operasi.

Selama tiga hari Uji Terampil Glagaspur dengan berbagai rangkaian kegiatanya antara lain, Teori berupa Uji Tulis, Pengecekan software, Kebaharian, Bongkar Pasang Senjata Laras Panjang SS1 dan Pistol P2.

Kemudian dilaksanakan Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL, yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan para prajurit TNI AL khususnya prajurit Koarmatim dalam melaksanakan tugas sehari-hari baik itu di KRI maupun di pendirat serta menembak Laras panjang dan Laras pendek (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014