Sebuah unggahan video di YouTube menarasikan Federasi Sepak bola Internasional atau Fédération Internationale de Football Association (FIFA) mendiskualifikasi tim nasional Arab Saudi yang membuat tim nasional Indonesia lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“FIFA DISKUALIFIKASI SAFF SAUDI ARABIA DARI KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026, TIMNAS INDONESIA AUTO LOLOS”

Namun, benarkah Indonesia lolos kualifikasi Piala Dunia Asia karena FIFA diskualifikasi Timnas Arab Saudi?

 
 
Unggahan yang menarasikan Indonesia lolos kualifikasi Piala Dunia Asia karena Arab Saudi didiskualifikasi FIFA. Faktanya, Indonesia belum bisa dinyatakan lolos kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Narasi judul dengan isi video berbeda. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, narator dalam video tersebut membacakan narasi Bola Sport yang berjudul “Head to Head Arab Saudi di Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Kontra Tim ASEAN - Timnas Indonesia Wajib Waspada”.

Dalam laman berita tersebut dijelaskan Timnas Indonesia wajib mewaspadai Arab Saudi saat bertemu di ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan bertanding pada 6 September 2024 dini hari waktu Indonesia di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah. Artikel tersebut diunggah pada 2 September, sebelum pertandingan Indonesia melawan Arab Saudi.

Diketahui, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 pada pertandingan 6 September. Dilansir dari laman FIFA, Indonesia masih menduduki peringkat 4 dari 6 tim di Grup C.
 
 
Tangkapan layar peringkat Indonesia di Group C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Laman FIFA)

Pertandingan terdekat Timnas Indonesia melawan Bahrain pada 10 Oktober mendatang. Selain itu, tidak ada informasi resmi mengenai FIFA mendiskualifikasi Arab Saudi.

Klaim: Indonesia lolos kualifikasi Piala Dunia Asia karena Arab Saudi didiskualifikasi FIFA

Rating: Disinformasi

Pewarta: Tim JACX

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024