Nunukan (ANTARA Kaltim) -  Menjelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah, harga sapi kurban di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara Rp15 juta per ekor.

Hal ini disampaikan salah seorang pedagang sapi kurban di Kabupaten Nunukan, Gondrong di Nunukan, Senin berkaitan dengan ketersediaan hewan kurban di daerah itu.

Ia mengatakan, ratusan ekor sapi didatangkan dari Sulawesi Selatan sejak sebulan terakhir sebagai upaya memenuhi kebutuhan hewan kurban bagi masyarakat di daerah itu pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah pada 5 Oktober 2014.

"Selama satu bulan ini, sudah ratusan ekor sapi didatangkan dari Sulawesi (Selatan) untuk hewan kurban ke Nunukan," ujar dia melalui sambungan telepon.

Gondrong juga menyebutkan, harga sapi kurban di daerah itu antara Rp13 juta sampai Rp15 juta per ekor dengan usia 2,5-3 tahun atau sesuai dengan ketentuan Agama Islam.

Sapi yang didatangkan dari Sulawesi Selatan tersebut, sebut dia, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban bagi umat Islam di Kabupaten Nunukan tetapi sebagian didistribusikan ke pedagang di Kota Tarakan, Kalimantan Utara.

Data yang diperoleh dari Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Tunon Taka Kabupaten Nunukan sampai Senin (29/9), jumlah sapi kurban yang masuk di Kabupaten Nunukan mencapai 600 ekor.

Sapi-sapi yang diperuntukkan untuk hewan kurban tersebut diangkut melalui KM Thalia milik PT Citra Niaga Mandiri (CNM) setiap Hari Senin sejak lima pekan terakhir.

"Sesuai manifes KM Thalia yang diterima dari Parepare (Sulsel), jumlah sapi yang masuk sudah mencapai 600-an ekor yang diangkut setiap pekan," ujar Muh Tang, Kepala Ketentraman dan Ketertiban KSOP Kabupaten Nunukan.(*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014