Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur mengajak kepala desa dan badan permusyawaratan desa (BPD) terus membantu menyukseskan 23 Program Dedikasi Kukar Idaman sesuai dengan RPJMD 2021 - 2026, karena bertujuan untuk membangun Kukar lebih maju.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, program itu menyentuh ke semua lapisan masyarakat hingga desa, sehingga kepala desa (kades), anggota BPD, dan semua unsur pemerintahan desa diminta turut menyukseskan sehingga masyarakat bisa ambil bagian dan dapat merasakan manfaatnya.

"Saya juga mengapresiasi sinergisitas pemerintah desa bersama BPD yang selama ini berjalan baik, khususnya terkait implementasi program pembangunan yang tertuang dalam 23 Program Dedikasi Kukar Idaman," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah di Tenggarong, Rabu.

Sebanyak 23 Program Dedikasi itu adalah Program Digitalisasi Pelayanan Publik, Aparatur Negara Bahagia, Kukar Bebaya, 1.000 Guru Sarjana, Kukar Berkah, Beasiswa Kukar Idaman, Keluarga Peduli Kesehatan, Kukar Siap Kerja, Kukar Berbudaya.

Kemudian Program Gerakan Etam Mengaji Idaman, Kesejahteraan Sosial Idaman, Pembangunan Pertanian Berbasis Kawasan, Hilirisasi Produk Pertanian, Kukar Kaya Festival, Usaha Kecil Idaman, Kukar Kreatif Idaman.

Lantas Program Pemantapan Konektivitas Wilayah, Fasilitasi Perumahan Rakyat, Air Bersih Desa, Terang Kampungku, Desa Ramah Lingkungan, Kukar Peduli Lingkungan, dan Program Dunia Usaha Ramah Lingkungan.

Ia mengatakan, sejumlah program tersebut untuk untuk meningkatkan pelayanan, meningkatkan sumber daya manusia agar memiliki daya saing, dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya, pada Program Digitalisasi Pelayanan Publik, bertujuan untuk membangun pola kebiasaan tentang tata kelola pemerintahan dalam pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel berbasis teknologi informasi.

Kemudian Program 1.000 Guru Sarjana, ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memberikan beasiswa bagi guru yang belum mencapai pendidikan standar S1, ditambah beasiswa bagi warga yang bersedia menjadi guru.

“Untuk Program Hilirisasi Produk Pertanian, untuk memperkuat sektor pertanian dengan mendorong sektor hilir sebagai pengungkit nilai tambah hasil pertanian, dengan kegiatan strategis membangun sentra industri kecil dan komoditas unggulan Kukar,” kata Bupati.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024