Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sangatta memperkuat sinergi dengan masyarakat Kutai Timur, Kalimantan Timur, lewat beragam kegiatan sosial menyambut HUT ke-79 TNI AL pada Selasa, 10 September 2024.

"Kami ingin mempererat hubungan antara TNI AL dan masyarakat, serta mengedukasi publik tentang peran penting TNI AL menjaga keamanan maritim Indonesia," kata Komandan Lanal Sangatta (Danlanal) Letkol Laut (P) Rudi Iskandar saat upacara peringatan HUT Ke-79 TNI AL, di Sangatta, Selasa.

Dia menyebutkan sinergi masyarakat yang digelar Lanal Sangatta, antara lain makan siang bergizi gratis dan bakti sosial, serta pameran alutsista TNI AL untuk umum.

Rudi mengatakan Lanal Sangatta juga terlibat dalam pembangunan sumber daya manusia maritim di pesisir laut Kutai Timur, salah satu wujudnya adalah pembentukan kampung bahari.

Beberapa wilayah pesisir Kutai Timur yang telah didampingi Lanal Sangatta, antara lain Desa Pulau Miang, Desa Sekerat, dan Pantai Teluk Lingga.

"Itu merupakan komitmen kami meningkatkan sumber daya manusia, terutama menjaga kelestarian pesisir Kutai Timur,” katanya.

Pada acara puncak peringatan HUT TNI AL di Markas Komando Lanal Sangatta itu. Rudi menekankan arti penting TNI AL untuk menjaga kedaulatan maritim Indonesia

Peringatan HUT Ke-79 TNI AL yang bertema "Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI AL Siapkan Nusantara Baru Indonesia Maju" itu, menurut Rudi, merupakan cerminan semangat dan dedikasi TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di wilayah perairan.

"Peran TNI AL sangat vital dalam mengamankan wilayah perairan kita yang luas dari berbagai ancaman, seperti penangkapan ikan ilegal, penyelundupan barang tanpa izin, dan serta potensi konflik di wilayah perbatasan," tuturnya.

Danlanal Sangatta juga mengapresiasi profesionalisme dan dedikasi para prajurit TNI AL menjaga kedaulatan NKRI dan melindungi bangsa dari berbagai ancaman di laut.

Pewarta: M.Hafif Nikolas/Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024