Penajam (ANTARA Kaltim) -  Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Mustaqim MZ mengatakan, pengurus Dewan Kesenian Daerah (DKD) harus mampu menjadi motivator dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian daerah.

"Para pengurus DKD harus mampu bertugas dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Seluruh pengurus harus proaktif dalam kemajuan organisasi, agar keberadaannya diterima di tengah masyarakat, juga bisa menjadi media komunikasi bagi para pekerja seni, seniman dan budayawan," katanya di Penajam, Kamis.

Pada acara pelantikan pengurus DKD periode 2013-2018 di gedung paripurna DPRD, dia mengatakan, apalagi perkembangan kesenian di luar negeri, kini dijadikan konser, dengan ditunjang alat, namun tidak meninggalkan pakaian adat daerah.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah sedang memacu semua pembangunan, termasuk kesenian. Dipacu bukan hanya dipercepat, tetapi juga dioptimalkan, agar bisa memberikan manfaat. Pemberdayaan seni harus membawa unsur hiburan, ekonomi, pendidikan dan pariwisata.

Ketua DKD Penajam Paser Utara, Yahya mengatakan, kebudayaan nasional Indonesia, menunjukkan bahwa kebudayaan dengan pemerintahan merupakan hal yang saling terkait.

"Kami berharap semua anggota proaktif melaksanakan tugas, untuk menjaga dan melestarikan budaya dan kearifan lokal," kata Mustaqim.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014