Berbagai momentum kegiatan yang digelar warga Samarinda meski dalam keberagaman namun tetap menjalin kebersamaan.   

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan Pengurus Rukun Tetangga (RT) 36 bersama Dasawisma Serai Wangi, Kelurahan Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, sukses mengadakan Acara Lomba, Jalan Santai serta syukuran warga dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 79.

Kegiatan tersebut menjadi satu rangkaian dalam satu minggu pelaksanaan, dimulai pada Sabtu, 24 Agustus 2024 dan berakhir Sabtu, 31 Agustus 2024.

“Kegiatan ini, memiliki tujuan utama untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia dalam naungan kebersamaan dan keberagaman,” kata Plt. Ketua RT 36, Rosseffi, SE saat memberikan sambutan.

Ia  menuturkan Indonesia adalah  negara yang di dalamnya banyak sekali keberagaman, sama seperti Kota Samarinda, ialah kota yang beragam pula, begitu pula hidup dalam bertetangga, kita pun beragam.

Rosseffi menginginkan dengan adanya lomba itu, RT 36 akan menjadi kampung yang moderasi keberagaman, merangkul seluruh elemen masyarakat tanpa memandang suku, ras dan agama.

Kegiatan yang dinamakan "Lomba Agustusan" ini, pada Sabtu (24/08/2024) dimulai dengan kegiatan lomba-lomba, dari kategori balita, anak anak, remaja, ibu-ibu serta bapak-bapak, pada hari pertama acara pun berlangsung meriah, anak- anak serta balita turut serta memeriahkan lomba nya masing- masing.

Uniknya, kata Rosseffi setiap orang yang mengikuti lomba, mau menang ataupun kalah, tetap mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan tersendiri untuk individu tersebut.

Pada Minggu (25/04/2024), kegiatan dibuka dengan Jalan Santai yang dibuka oleh Lurah Karang Asam Ulu, dan Camat Sungai Kunjang.

Kegiatan jalan santai diikuti warga di lingkungan RT 36,  bukan hanya sekedar jalan santai, tetapi sambil memungut sampah di seluruh jalan yang dilalui, setiap orang diminta untuk memungut sampah yang mana nantinya di garis finish akan dikalkulasikan berapa berat sampah yang mereka kumpulkan, sampah terbanyak mendapatkan hadiah khusus dari panitia.

Sementara itu Camat Sungai Kunjang, Dwi  Siti Noorbayah mengapresiasi kegiatan yang digelar warga di RT 36 dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

"Menariknya, Pada hari ini, bukan hanya jalan santai saja, tetapi sambil memungut sampah di lingkungan RT 36,” katanya.

Hal ini katanya untuk mengajarkan kepada anak- anak generasi penerus, untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga lingkungan sekitar, karena Samarinda  sebagai kota pusat peradaban, harus bisa menjaga lingkungan untuk tetap bersih, karena  kebersihan sebagian daripada iman.

Lurah Karang AsamUlu Siswo menambahkan biasanya jalan santai itu membuang sampah sembarangan dijalan, tetapi tidak dengan RT 36, mereka memungut sampah yang ada dijalan. Apa yang dilakukan RT 36  hendaknya menjadi contoh untuk RT yang lain.

Kegiatan berlanjut, dengan kemeriahan lomba untuk anak-anak  dan ibu-ibu.

Pada malam harinya, kegiatan dilanjut dengan Doa Bersama serta syukuran dengan menghadirkan salah satu ulama di Kota Samarinda  Muhammad Syarwanie, tokoh agama  dan tokoh masyarakat setempat.

Pewarta: Saniyya

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024