Nunukan (ANTARA Kaltim) -  Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Pamtas) Yonif Linud 433/Kostrad melayani pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

"Untuk tahap pertama pemeriksaan kesehatan tersebut mengutamakan masyarakat yang berada di sekitar pos-pos perbatasan terdepan yang berada di pedalaman," kata Komandan Satgas Pamtas Yonif Linud 433/Kostrad Letkol Inf Agustatinus Sitepu di Nunukan, Rabu.

Ia mengatakan terkait dengan program pelayanan kesehatan itu pihaknya menyiapkan tenaga medis dan dokter dari TNI bekerja sama dengan Puskesmas di Kabupaten Nunukan yang terdekat dari pos perbatasan untuk menyuplai obat-obatan.

"Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perbatasan ini bekerja sama dengan puskesmas terdekat karena stok obat-obatan yang kami miliki sangat terbatas," ujar Agustatinus Sitepu.

Hal ini juga telah dikoordinasikan dengan Pemkab Nunukan untuk melakukan pelayanan kesehatan terutama di wilayah pelosok yang belum memiliki puskesmas atau puskesmas pembantu dengan memusatkan pengobatan di pos-pos penjagaan.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, kata dia, pihaknya hanya melayani masyarakat untuk penyakit tertentu saja yang sifatnya ringan karena keterbatasan alat kesehatan dan obat-obatan.

"Jadi kami hanya melayani pemeriksaan kesehatan untuk penyakit tertentu yang sifatnya masih ringan karena keterbatasan tenaga medis dan obat-obatan tadi," kata dia.(*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014