Sangatta (ANTARA Kaltim) -  Sebanyak 112 Kepala Keluarga (KK) warga di tiga desa di Kecamatan Busang, Kabupaten Kutai Timur akan menikmati listrik dari pembangkut listrik tenaga surya (PLTS) bantuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun anggaran 2014.

Camat Busang Darius Jiu Dian di Sangatta, Selasa, menerangkan informasi mengenai adanya bantuan PLTS tersebut disampaikan pejabat Dinas Pertambangan Provinsi Kaltim pekan ini di Samarinda.

"Sebanyak 112 unit solar cell akan disalurkan pada Oktober 2014 kepada warga di tiga desa di Kecamatan Busang," katanya.

Menurut Darius, dengan adanya bantuan PLTS dari Pemprov Kaltim maka keinginan warga selama ini untuk bisa menikmati penerangan listrik akan terwujud.

Camat Busang didampingi Sekretaris Camat setemapt Luhat Ivung, mengatakan Kecamatan Busang yang merupakan salah satu kecamatan terjauh di Kutai Timur yang memerlukan penerangan aliran listrik, namun selama ini sangat sulit terealisasi.

Meskipun demikian, kata dia, pihak secara rutin setiap tahun mengajukannya ke Pemkab melalui Dinas Pertambangan dan Energi Kutai Timur tetapi tidak pernah mendapat respon.

"Kami berkali-kali menyampaikan usulan ini ke Dinas Pertambangan dan Energi, tapi tidak pernah direspon," ujarnya.

Dia mengatakan, memang di beberapa desa mendapat bantuan mesin genset domping dari Pemkab Kutai Timur, tetapi hanya berlangsung tidak lama beroperasi karena terkendala bahan bakar (BBM) solar yang harganya cukup tinggi dan juga sulit diperoleh.

Menurut dia, warga tidak mampu membayar iuran setiap bulan, karena selain harga solar untuk bahan bakar genset itu cukup tinggi, sulit didapat. Kalaupun ada harganya cukup tinggi yakni berkisar Rp12 ribu hingga Rp15 ribu per liter.

"Karena kesulitan BBM itulah makanya sejak beberapa tahun sudah macet dan sekarang banyak tiang litrik dari kayu roboh dan mesin genset menjadi besi tua," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, denga adanya bantuan PLTS dari Pemerintah Provinsi Kaltim sebanyak 112 unit, maka tentu ini merupakan kabar bahagia bagi warga yang mendapatkannya.

"Mudah-mudahan tahun depan program ini masih ada sehingga warga kami bisa menyeluruh menikmati listrik meski hanya pada malam hari saja. Dengan adanya bantuan itu harapan saya Pemkab Kutai Timur juga tergerak hatinya untuk membantu warga Busang dengan program bantuan solar cell ini" katanya (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014