Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, menyatakan berkas persyaratan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Owena Mayang Shari Belawan dan Stanislaus Liah sudah lengkap sehingga berhak mengikuti tahapan pilkada selanjutnya.
 
Beberapa jam sebelumnya, pasangan Owena Mayang Shari Belawan-Stanislaus Liah (Manis) mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah ke KPU Mahakam Ulu didampingi empat partai politik pengusung dan ratusan simpatisan.
 
"Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim tadi, seluruh dokumen pasangan calon Manis dinyatakan lolos seleksi berkas karena semuanya lengkap," ujar Ketua KPU Kabupaten Mahakam Ulu Paulus Winarno Hendratmukti di Long Bagun, Kamis.
 
Pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah ini dilakukan sesuai dengan Peraturan KPU Tahun 2024, yakni membuka masa pendaftaran selama tiga hari pada 27 hingga 29 Agustus.
 
Setelah pendaftaran ini, calon kepala daerah akan menjalani verifikasi berkas dan pemeriksaan kesehatan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda pada Sabtu (31/8) karena berkas dinyatakan lengkap.
 
Pasangan Manis awalnya diusung koalisi tiga parpol, yakni PAN, Partai Demokrat, dan PKB. Namun, beberapa jam sebelum pendaftaran, Partai Nasdem ikut bergabung sehingga kini ada empat partai politik pengusung.
 
Kedatangan pasangan Manis diantar pimpinan dan pengurus parpol pengusung dan ratusan pendukung yang datang dari berbagai desa di Kabupaten Mahakam Ulu.
 
Para pendukung pasangan Manis memulai konvoi dari Balai Tim Pemenangan Manis di Kecamatan Long Bagun menuju KPU Mahakam Ulu dengan suasana penuh semangat dan beberapa kali meneriakkan yel-yel kesuksesan.
 
Selama pengecekan berkas pasangan Manis berlangsung di dalam, suasana di luar gedung KPU tetap meriah. Para pendukung pasangan Manis dengan semangat tinggi terus berdendang dan berjoget diiringi musik, menunjukkan dukungan kuat.
 
Mayang Shari, baka calon bupati Mahakam Ulu, menyampaikan rasa syukurnya atas kelengkapan berkas yang disampaikan KPU dan kemudian menyampaikan rasa haru atas dukungan masyarakat dan partai pengusung.
 
"Kami sangat senang karena diusung oleh empat partai besar, berkas-berkas kami juga dinyatakan lengkap oleh KPU, sehingga kami siap lahir batin untuk berbuat yang terbaik pada Pilkada Mahakam Ulu ini," ujar Mayang.
 
Ia kemudian menyatakan bahwa tim pemenangan pasangan Manis ingin menang secara elegan, bermoral, berakhlak, dan juga akan menghindari berbagai kecurangan demi mewujudkan suasana yang aman dan damai.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024