Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Andi Harun dan Saefuddin Zuhri mendaftar Pilkada Kota Tepian di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, dengan dukungan 10 partai politik.

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat di Samarinda, menyambut kedatangan Andi Harun dan Saefuddin Zuhri beserta perwakilan partai pengusung.
 
"Dari hasil pemeriksaan berkas pendaftaran, dokumen kami menyatakan diterima dan lengkap," kata Firman.

Bakal Calon Wali Kota Samarinda Andi Harun mengucapkan terima kasih atas penerimaan hari ini. Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk memastikan bahwa semua tahapan yang telah digariskan dalam peraturan perundang-undangan berlaku dengan baik.
 
Sebagai bakal calon, pasangan Andi Harun dan Saefuddin Zuhry berkomitmen mengikuti rangkaian tahapan pelaksanaan Pilkada sejak hari ini. Mereka berkomitmen untuk menjalani proses ini dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
 
"Untuk partai politik yang telah mengusung kami adalah sepuluh atau seluruh partai parlemen Samarinda, ditambah parpol non parlemen, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI)," ungkapnya.

Baca juga: Andi Harun-Saefuddin maju Pilkada Samarinda didukung 9 parpol
 
Andi Harun-Saefuddin dalam kontestasi Pilkada Samarinda 2024 didukung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, PDI Perjuangan, PKS, PAN, Partai Demokrat, PKB, Partai Gelora, PPP dan PSI.
 
Terkait visi-misi, dirinya mengusung Samarinda Maju, Rakyat Maju sebagai pilar pendukung Ibu Kota Nusantara. Mengenai penjabaran visi-misi tersebut, pihaknya kembali menjadwalkan waktu khusus kepada para awak media.
 
Selain itu, Andi Harun juga menginginkan adanya peningkatan partisipasi politik Pilkada 2024 di Kota Samarinda.
 
"Semoga tren statistik kesadaran politik masyarakat Samarinda semakin membaik," ucap Andi Harun.
 
Lebih lanjut, KPU akan mempertimbangkan apakah pendaftaran dapat diperpanjang atau harus ditutup setelah pukul 23.59 WITA, hari ini.
 
Firman menjelaskan bahwa ruangan memang dibatasi untuk mengikuti prosesi pendaftaran ini secara langsung. Sebab, imbuh dia, semua proses pendaftaran Pilkada juga disiarkan secara live.

Baca juga: Polresta Samarinda kerahkan 868 personel amankan Pilkada 2024
 
Pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan pernyataan visi misi sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
 
"Setelah ini, para bakal calon akan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up) di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda selama dua hari ke depan," sebut Firman.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024