Penajam (ANTARA Kaltim) - Tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat saat ini sudah mencapai 3.700 orang.

"Meskipun masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) belum menyerahkan data terkait tenaga honorer yang bekerja di instansi yang bersangkutan, namun dari pendataan yang kami lakukan, jumlah tenaga honorer di lingkungan Pemkab Penajam Paser Utara semakin membengkak dan saat ini sudah mencapai 3.700 orang," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin, Senin.

Kepada seluruh SKPD, Alimuddin meminta agar segera melakukan evaluasi terhadap tenaga honorer, untuk menekan membengkaknya jumlah tenaga honorer tersebut.

"Kalau memang kelebihan tenaga honorer, harus dilakukan pengurangan. Makanya, kami minta agar anggaran untuk tenaga honorer di SKPD juga harus dikurangi," kata Alimuddin.

Untuk melakukan evaluasi tenaga honorer, BKD Penajam Paser Utara lanjut Alimuddin akan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Evaluasi yang dilakukan tersebut kata dia, untuk menghitung kebutuhan pegawai, termasuk tenaga honorer.

"Kami akan menggandeng LAN untuk menghitung kebutuhan pegawai di lingkungan Pemkab Penajam Paser Utara, termasuk evaluasi terhadap tenaga honorer," ujar Alimuddin.

Setelah ada hasil evaluasi dari LAN tambah Alimuddin, maka sudah bisa diketahui kebutuhan tenaga honorer di masing-masing SKPD dan ditargetkan pada Oktober 2014, evaluasi tenaga honorer sudah bisa dilakukan.

"Kami akan ketahui kebutuhan tenaga honorer dari hasil evaluasi dari LAN dan ditargetkan pada Oktober, evaluasi untuk tenaga honorer dilakukan. Kalau jumlah PNS sih sudah cukup," kata Alimuddin.    (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014