Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kaltim memeriksa personel yang bertugas di Ibu Kota Nusantara (IKN) setelah rangkaian acara kenegaraan di kawasan tersebut.

"Kegiatan itu meliputi pemeriksaan tekanan darah (tensi) dan kondisi kesehatan para anggota yang bertugas di lapangan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim, Komisaris Besar Polisi Yulianto, Minggu (18/8).

Biddokkes, lanjutnya, juga menyediakan vitamin dan obat-obatan bagi anggota yang bertugas di ibu kota baru Indonesia itu.

Polda Kaltim juga menyiapkan tim mini ICU Mobile hasil kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, serta rumah sakit setempat.

"Unit itu merupakan langkah darurat jika ada anggota yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut," katanya.

Baca juga: Polda Kaltim kerahkan intelijen fisik dan siber amankan HUT RI di IKN

Selain itu, tim Keamanan Pangan (food security) turut dilibatkan guna memastikan keamanan dan kelayakan makanan yang disajikan kepada tamu VVIP, pejabat negara, dan personel lain.

Yulianto mengemukakan semua upaya itu bertujuan agar seluruh personel pengamanan dapat bertugas dengan kondisi kesehatan yang optimal.

"Kehadiran Biddokes memberikan jaminan personel yang bertugas selama pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di IKN terus dalam kondisi terjaga dan siap agar keadaan aman dan lancar," ujarnya.

Dalam pengamanan peringatan HUT RI di IKN, Polda Kaltim mengerahkan ribuan personel baik dari satuan polda, polres, polsek, Korps Brimob Polri dan lainnya.

Baca juga: Polda Kaltim turunkan 2000 lebih personel amankan HUT RI di IKN

Tidak lupa satuan lalu lintas yang bertugas Sabtu malam demi memastikan perjalanan para tamu dan pejabat negara dari Kota Nusantara menuju Kota Balikpapan tetap lancar.

"Sejauh ini tidak ada masalah, arus malam tadi lancar," demikian Yulianto.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024