Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama sejumlah pejabat lainnya menyaksikan pidato kenegaraan Presiden Jokowi dalam rangkaian HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju melalui layar lebar di auditorium Balai Kota.

"Seperti yang saya sampaikan, ada atau tidak adanya Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan selalu mempersiapkan untuk menuju kota yang maju, kota yang modern, dan kota yang layak di Indonesia," kata Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Jumat (16/8).

Terlebih lagi dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang secara garis besar adalah kabupaten terdekat dengan Kota Balikpapan.

Diakuinya dengan pemindahan ibu kota negara  ke Provinsi Kaltim, maka mendorong percepatan Kota Balikpapan sebagai mitra IKN terus berbenah," katanya.

Menurutnya tema Kemerdekaan RI ke-79 yakni Nusantara Baru, Indonesia Maju adalah edukasi untuk masyarakat. Untuk menyongsong Indonesia baru tentunya Balikpapan harus siap memiliki peranan yang sangat strategis. 

"Maka warga Balikpapan  harus siap menjaga kondisi kota, menjaga kebersihan, menjaga dari semua, termasuk permasalahan SARA," kata Rahmad.

Ia menilai selama ini Kota Balikpapan sudah terjaga atau kondusif, maka jangan sampai terkontaminasi dengan banyaknya orang luar yang masuk ke Kota Balikpapan.

"Secara de facto saya yakin IKN itu di Balikpapan, secara administrasi ada di IKN, orang tinggal disini dan aktifitas di Balikpapan," katanya.

Rahmad Mas'ud mengajak warga Balikpapan untuk menjaga  persatuan dan kesatuan serta menyukseskan pemindahan Ibu Kota Negara ke Ibu Kota Nusantara.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024