Bupati Paser Fahmi Fadli membagikan sebanyak 3.200 bendera merah putih kepada pelajar dan masyarakat untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung slogan "Nusantara Maju Indonesia Maju".

Pembagian bendera secara simbolis dilakukan pada apel yang dipimpin Bupati Paser Fahmi Fadli di halaman Kantor Bupati, Senin (12/8) 

"Kegiatan pembagian bendera  merah putih bertujuan menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya. 

Ia menyebutkan pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan salah satu bentuk perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia.. Selain itu juga menggambarkan  semangat juang para pahlawan melawan para penjajah.

Fahmi Fadli mengemukakan untuk mengenang pengorbanan para pejuang, maka sebagai generasi penerus bangsa terpanggil mengibarkan bendera merah putih diberbagai momen, apalagi di bulan Agustus bulan Kemerdekaan Republik Indonesia..

Ia menilai, beberapa tahun belakangan ini, kesadaran masyarakat memasang bendera  pada hari-hari besar nasional terkesan mulai berkurang. Hal ini tidak terlepas dari persoalan yang tengah dihadapi bangsa yakni pandemi COVID-19.

Kondisi ini juga disebabkan adanya pergeseran nilai budaya akibat akses internet yang terlalu bebas, membuat generasi muda cenderung lupa bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa.

"Kita tidak ingin semua itu harus terus berlanjut, kita tidak ingin semangat nasionalisme masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Paser semakin berkurang," ujar Fahmi.

Melalui gerakan pembagian bendera merah putih ini diharapkan dapat menjadi momen lahirnya kembali memori perjuangan para pahlawan bangsa dan bendera merah putih yang merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia dapat berkibar di seluruh penjuru negeri terutama di Kabupaten Paser.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Paser, Nonding, mengatakan kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi dan sinergitas seluruh komponen yang ada pada Pemerintah Kabupaten Paser.

"Tujuan dilaksanakannya pembagian bendera merah putih merupakan dukungan terhadap pencanangan pembagian 10 juta bendera se Indonesia dalam rangka HUT ke-79 RI," katanya.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024