Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda memperkuat koordinasi antarinstansi guna mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak  2024.
 
"Polresta Samarinda telah siap secara teknis dan taktis untuk mengamankan jalannya pilkada serentak. Namun dalam pelaksanaannya, diperlukan sinergi dan peran aktif seluruh pemangku kepentingan bersama-sama dengan masyarakat agar terwujudnya Pilkada yang aman, damai, dan kondusif," ujar Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Ary Fadli di Samarinda, Kamis.
 
Menurutnya, koordinasi lintas sektoral bertujuan untuk menyamakan persepsi antarpemangku kepentingan dalam menentukan langkah-langkah serta upaya menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif selama pelaksanaan pilkada.
 
Kapolresta Samarinda menekankan pentingnya sinergi yang solid antara semua pihak agar Pilkada 2024 di Kota Samarinda dapat berjalan dengan lancar.
 
"Kami juga menerima masukan dari KPU, Badan Kesbangpol, dan Bawaslu terkait pengamanan ini. Ada juga sesi dialog terkait kesiapan dan peran masing-masing stakeholder dalam menyongsong pilkada yang dilaksanakan 27 November 2024," jelas Ary.
 
Ary berharap dengan adanya rakor ini, semua pihak dapat lebih siap dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2024. "Kami berharap Pilkada di Kota Samarinda dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar, serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas," tuturnya.
 
Kepala Badan Kesbangpol Pemkot Samarinda Sucipto Wasis menyatakan bahwa pihaknya siap mendukung penuh Polresta Samarinda dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada.
 
"Kami akan terus berkoordinasi dengan Polresta Samarinda dan instansi terkait lainnya untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar, termasuk pengamanan distribusi logistik," katanya.
 
Ketua Bawaslu Abdul Muin juga menegaskan komitmen bawaslu dalam mengawasi jalannya Pilkada agar tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Pihaknya berupaya memastikan bahwa setiap tahapan pilkada berjalan dengan jujur dan adil, serta bebas dari kecurangan.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024