Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wakil Ketua DPRD Kaltim Yahya Anja mendukung imbauan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto soal penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kaltim.

Hal itu disampaikan politikus Partai Demokrat menyusul resmi dibukanya Kebun Raya Balikpapan (KRB) sebagai RTH di Balikpapan beberapa waktu lalu. “ Ini merupakan upaya yang cukup bagus, pembukaan ruang terbuka hijau akan sangat bermanfaat bagi lingkungan yang bersih dan hijau terutama di tengah tingginya eksploitasi di bidang sumber daya alam yang kian meresahkan,” ungkap Yahya Anja.

Yahya berharap, setelah dibukanya KRB maka akan mengundang daerah dan wilayah-wilayah lain untuk turut semarak membuka RTH sebagai upaya preventif kerusakan dan pencemaran lingkungan. “Bahkan jika perlu di setiap kecamatan membuka ruang terbuka hijau. Sehingga jangan pembangunan gedung-gedung, perumahan dan berbagai bangunan lain saja yang berdiri, ruang terbuka hijau sangat diperlukan,” katanya.

Yahya melanjutkan, pemerintah daerah setempat diharapkan berinisiatif terus menambah  RTH di wilayah masing-masing. Pembukaan RTH menurut Yahya tak hanya bermanfaat untuk kelestarian alam di Kalimantan Timur, namun lebih dekat adalah manfaat yang langsung dirasakan oleh penduduk sekitar RTH.

“Semakin banyak RTH akan semakin bagus. Apalagi undang-undang sudah mengamanatkan untuk penyediaan RTH terutama pada kawasan perkotaan demi terciptanya kawasan perkotaan yang aman, nyaman, produktif,” terang Yahya.
Yahya melihat pembukaan RTH tak hanya bergantung pada program pemerintah saja, siapapun bisa membangun RTH. (HUmas DPRDKaltim/adv/lia/oke)
 


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014