Atraksi pembuatan Bio Pestisida turut mewarnai kegiatan Kaltim Expo 2024 selama lima hari pada 26-30 Juli 2024, sehingga pengunjung maupun peserta bisa langsung praktik, kemudian menerapkan langsung di rumah maupun pada tanaman masing-masing untuk mencegah penyakit.
 
"Kegiatan ini dikemas dalam Mini Workshop Pembuatan Bio Pestisida, sehingga selain peserta pelatihan, pengunjung juga bisa ikut praktik membuat," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP) Dinas Perkebunan Kaltim Ruspiansyah di Samarinda, Sabtu.
 
Dia menjelaskan, melalui acara ini, UPTD P2TP Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) menunjukkan komitmen dalam memberi pembelajaran kepada masyarakat mengenai perlindungan tanaman perkebunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
 
"Adanya kegiatan ini, diharapkan penggunaan Bio Pestisida semakin meluas dan diterima oleh masyarakat luas, guna mendukung pertanian yang lebih sehat dan berkelanjutan, karena pestisida ini organik sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan," ujarnya.
 
Ruspiansyah mengatakan lebih lanjut, workshop ini menjadi salah satu langkah penting dalam upaya pengembangan teknologi pertanian yang lebih baik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya Bio Pestisida dalam menjaga lingkungan maupun kesehatan tanaman.
 
Hal itu karena penggunaan Bio Pestisida ini merupakan alternatif aman untuk mewujudkan pertanian organik, karena pestisida organik nyaris tidak menimbulkan dampak bahaya, baik bagi tanaman, konsumen, maupun bagi lingkungan sekitar.
 
Sementara dalam pelatihan pembuatan Bio Pestisida pada kegiatan Kaltim Expo 2024 di Convention Hall Samarinda ini, workshop dimulai dengan penjelasan detail mengenai cara membuat Bio Pestisida, sehingga melalui penjelasan ini pun peserta bisa paham sebelum melakukan praktik.
 
Pelatihan makin menarik dengan adanya sesi tanya jawab, karena dalam interaktif ini peserta berkesempatan memenangkan hadiah menarik bagi yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.
 
Sesi ini tidak hanya menguji pengetahuan peserta tentang materi yang disampaikan oleh narasumber, tetapi juga memberikan suasana kompetitif yang menyenangkan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024