Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat membangun pedestrian atau jalur khusus untuk pejalan kaki di kawasan Jalan MT Haryono

"Pedestrian ini merupakan tahap akhir setelah tahun lalu memperbaiki drainase dan badan Jalan MT tersebut,"  kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkot Balikpapan, Rita, Minggu (30/6).

Ia menerangkan, bila sudah jadi pedestrian itu sangat memanjakan para pejalan kaki, dimana pedestrian itu beratapkan pohon yang rindang agar teduh serta memiliki jalur penyandang orang yang memiliki kebutuhan khusus atau disabilitas.

Rita menjelaskan untuk pedestrian yang dibangun memiliki lebar 6 sampai 8 meter dan memiliki panjang 250 meter, kemudian untuk jalur disabilitas itu ada paving blok khusus nantinya. 

Selain itu, di pedestrian tersebut juga dilengkapi oleh sejumlah bangku, agar masyarakat yang bisa bersantai di kawasan tersebut.

Pihaknya juga melakukan kordinasi dengan PT Telkom dan PT PLN, untuk merapikan kabel yang mereka miliki di kawasan tersebut dengan cara dipindah atau ditanam ke dalam tanah. 

“Untuk kabel-kabel tersebut, kami siapkan box utilitas, agar kabel-kabel yang berantakan dirapikan, dan tidak ada lagi kabel yang berada di atas,” ungkapnya.

Rita mengungkapkan selain membangun pedestrian di Jalan MT Haritono juga dilakukan perbaikan median jalan sepanjang 430 meter.

“Anggaran yang digunakan sekitar Rp10 miliar dari APBD Kota Balikpapan, dengan masa pekerjaan hingga Desember 2024,” katanya.  

Lanjutnya  DPU Balikpapan  juga akan melakukan pembenahan infrastruktur, terutama perbaikan jalan dengan cara pengaspalan atau overlay di beberapa wilayah Balikpapan, hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

“Target kita semua proyek fisik berakhir di 15, 30 dan 31 Desember. Kami berusaha kejar target, anggaran fisik ini ada dari Bantuan Keuangan, APBD Kota Balikpapan,” jelasnya.

 

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024