Upacara peringatan hari kemerdekaan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 17 Agustus 2024 mendatang adalah juga upacara menyambut Nusantara sebagai ibu kota negara yang baru sementara upacara serupa di Istana Negara di Jakarta sebagai perpisahan Jakarta sebagai Daerah Khusus Ibukota (DKI).

“Dimana kedua upacara ini adalah upacara transisi untuk menyampaikan selamat datang IKN dan sekaligus juga jangan lupakan Jakarta,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN/Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni di IKN Nusantara, Rabu.

Raja Juli Antoni mengatakan kunjungan kerja ke IKN untuk mengecek kemajuan persiapan yang sudah dilakukan. Ia juga memastikan bahwa upacara akan dilakukan secara sederhana, namun khidmat dan penuh syukur.

Ia mengungkapkan, bersamaan dengan kunjungan kerjanya ke IKN itu, juga tengah berkunjung sekretaris militer presiden dan beberapa instansi lain untuk melihat kondisi lapangan atau halaman Istana Negara tempat upacara akan digelar.

“Terakhir kami lihat bersama Presiden Jokowi minggu lalu. Otorita IKN berupaya sekuat tenaga untuk memastikan agar Upacara 17 Agustus 2024 berjalan dengan keren dan khidmat,” kata Raja Juli.

Sebelumnya Plt Wakil Kepala Otorita IKN yang juga Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang ini membuka resmi Beguru, yaitu acara berbagi pengalaman dari sejumlah pengusaha kepada para pengusaha UMKM dari IKN dan sekitarnya di Aula Kecamatan Sepaku.

Menurut Raja Juli, kegiatan seperti Beguru adalah satu amanah dalam pembangunan IKN, yaitu untuk memastikan pemerataan pertumbuhan ekonomi. Agar kawasan-kawasan baru, terutama di luar Jawa, juga tumbuh dan berkembang.  

“Di kegiatan ini para pengusaha saling berbagi pengalaman, dan agar para pengusaha di IKN dapat lebih cermat lagi melihat peluang usaha di tengah perubahan dan pembangunan yang sedang terjadi,” kata Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin yang mendampingi Raja Juli. 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024