Tana Paser  (ANTARA Kaltim) -  Tidak hanya sekedar menambang, PT Kideco Jaya Agung (KIDECO), salah satu yang bergerak di bidang pertambangan batubara, juga memiliki komitmen yang kuat untuk menjadikan generasi penerus bangsa tumbuh dan berkembang secara berkualitas dengan wawasan keilmuan yang luas serta dilandasi oleh nilai-nilai keagamaan yang kokoh.

Melihat hal tersebut sebagai bagian dari program "Corporate Social Responsibility" bidang keagamaan, Kideco kembali menggelar Semarak Pekan Ramadan 1435 H dengan tema: “Ramadhan Mubarok, Menggapai Berkah Dengan Syiar Ramadhan”.

Kegiatan yang berlangsung pada 21 Junihingga 13 Juli 2014 itu, melombakan 10 cabang yakni, lomba Tilawah Al-Qur’an, Tartil AL-Qur’an, Tahfidz Al-Qur’an, Kultum Bahasa Inggris, Kultum Bahasa Indonesia, Syair Habsy, Nasyid Accapela, Adzan, Busana Muslim dan Cerdas Cermat Agama untuk kategori SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA.

Dengan mengusung tema yang edukatif, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak dan remaja supaya dapat mengisi kegiatan menjelang dan saat bulan ramadhan dimana tahun ini bertepatan juga dengan libur sekolah," kata H Abu Sain, yang mewakili manajemen Kideco 

"Sehingga diharapkan dengan berbagai macam kegiatan positif akan memberikan manfaat dan faedah bagi semua pihak, selanjutnya dengan mengikuti lomba semarak pekan ramadhan akan memberikan karya dan prestasi bagi individu, orang tua dan agama," katanya. 

Kegiatan yang sudah berjalan selama tiga tahun rutin itu kata H Abu Sain, menunjukkan tingginya komitmen Kideco sebagai perusahaan untuk ikut serta mengawal dan mendukung orang tua dan pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan melalui sekolah dalam mendidik generasi muda untuk memiliki kemampuan dalam bidang agama dan umum atau dengan kata lain IMTAK dan IMTEK yang seimbang.

Sementara Manajer CSR PT Kideco Suriyanto mengatakan, perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Kabupaten Paser itu, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility akan terus dan selalu mendukung secara penuh kegiatan Semarak Pekan Ramadhan, 

"Kami sadar bahwa dengan kegiatan ini akan muncul generasi-generasi muda Islam yang memiliki semangat dalam menyebarkan siar agama di masa yang akan datang," katanya. 

“Kami juga bangga, karena dari sekian banyaknya generasi muda kita yang sudah mulai jauh dari kegiatan dan norma-norma agama, dalam acara ini ternyata masih ada yang memiliki kemauan dan kecintaan terhadap siar agamanya,” kata Suriyanto.

Selain itu,  Suriyanto juga menambahkan, bahwa manajemen juga mengucapkan terima kasih banyak dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada para seluruh pihak, panitia penyelenggara, tim juri, peserta lomba, orang tua dan guru pendamping yang sepenuh hati mensukseskan kegiatan semarak pekan ramadhan tahun.

"Tanpa partisipasi dari para peserta dan berbagai pihak acara ini tidak akan berjalan dengan sukses dan lancar," ungkapnya.

Setelah tiga tahun rutin dilaksanakan, Semarak Pekan Ramadan bersama Kideco tahun ini kembali mengalami peningkatan jumlah peserta yang begitu signifikan yang berasal dari lima kecamatan di Kabupaten Paser, yakni Kecamatan Batu Sopang, Kuaro, Muara Komam dan Tana Paser. 

Peningkatan jumlah peserta ini membuktikan animo dari masyarakat begitu tinggi terhadap event seperti ini. Selanjutnya para peserta yang berhasil meraih prestasi akan mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan dari manajemen Kideco.

Pada akhirnya, semarak pekan ramadan itu akan memberikan nuansa tersendiri bagi para generasi muda di Kabupaten Paser untuk mengisi dan memanfaatkan waktunya dengan kegiatan yang baik dan bermanfaat. Selain itu kegiatan ini sebagai ajang yang mampu mengakomodir ratusan generasi Islam yang berprestasi dalam bidangnya dan tentunya sebagai ajang siar bahwa Islam adalah agama Rahmatan lil alamin. 




Tujuan dan manfaat

Pekan Ramadan ini bertujuan :

1.     Mengisi kegiatan anak-anak usia SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA selama bulan                 suci ramadhan dengan berbagai kegiatan lomba yang positif, kreatif dan edukatif. 
2.     Menjadikan anak-anak sebagai generasi muda yang berwawasan keilmuan dan         keagamaan.
3.     Melahirkan anak-anak yang berprestasi dalam bidang ilmu agama

Adapun manfaat dari Pekan Ramadan :

1.     Anak-anak mendapatkan  pendidikan dan wawasan yang luas tentang hal-hal         berkaitan dengan moral , akhlak.
2.     Menanamkan nilai-nilai sosial kemanusian dan spiritual sejak usia dini.   (*)

Pewarta: Advetorial

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014