Tenggarong (AANTARA Kaltim) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, menggalang dana dan berhasil menghimpun hingga Rp140 juta untuk disumbangkan kepada rakyat Palestina.

Koordinator penggalangan dana Kutai Kartanegara Peduli Gaza Dafip Haryanto, Rabu mengatakan, penggalangan dana tersebut dikoordinir langsung Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari.

Pada acara tersebut kata Dafip Haryanto, beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menyerahkan hasil sumbangan sukarela dari pegawai masing-masing untuk dijadikan satu dengan sumbangan di Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Dana yang terkumpul hasil dari kegiatan tersebut, hingga pukul 12.00 Wita sementara berjumlah Rp140,8 juta," ungkap Dafip Haryanto.

Panitia penggalangan dana Kutai Kartanegara Peduli Gaza kata Dafip Haryanto masih menunggu sumbangan dari para PNS, sebelum dijumlahkan untuk diserahkan ke lembaga yang mengumpulkan dan menyampaikan bantuan ke Gaza.

"InsyaAllah dalam satu atau dua hari kedepan, dana yang telah terkumpul ini akan kami serahkan ke lembaga kemanusiaan yaitu MER-C Indonesia yang telah membangun Rumah Sakit di Gaza," kata Dafip Haryanto.

Sebelumnya, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari secara pribadi telah menyumbang Rp500 juta untuk korban tragedi Gaza.

Rita Widyasari mengaku tergerak menyumbang karena selain peristiwa yang sedang terjadi itu adalah tragedi kemanusiaan, Palestina adalah tempat bersejarah dan sakral untuk ummat Islam yaitu Masjid Al Aqsha.

"Sebagai Muslim saya merasa memiliki ikatan karena karena hal tersebut, sesama muslim itu bersaudara," ujar Rita Widyasari.

Ia mengingatakan kepada warga agar dapat membantu mendoakan para korban serta warga Palestina diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi tragedi tersebut, serta berharap konflik di Gaza segera berakhir.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014