Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Pemasangan rangka bentang pendekat atau Side Span jembatan Kartanegara di sisi Tenggarong hingga Rabu (23/7) sudah sampai segmen 2. 

"Girder rangka melintang, membujur maupun rangka atasnya sudah terpasang sampai segmen 2," ujar Budi Harsono selaku Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) pembangunan Jembatan Kartanegara, Rabu. 

Pemasangan Side Span Jembatan Kartanegara di sisi tenggarong tersebut mulai dikerjakan sejak Senin (14/7). Pemasangan rangka Side Span tersebut menggunakan Temporary Support atau penopang sementara yang sudah disiapkan sebelumnya.   

Budi mengatakan, dengan mulainya perakitan rangka bentang pendekat tersebut, berarti progres pembangunan jembatan Kartanegara mencapai 53 persen.  

Perakitan Side Span hingga sampai ke pondasi atau segmen 11 itu lanjut dia, diperkirakan memakan waktu dua bulan ditambah dua minggu hari kerja, dengan bantuan alat berat dua unit crane kapasitas 50 ton.

"Pemasangannya harus benar-benar teliti dan kami tidak bisa paksakan pasang malam hari karena takut ada kesalahan," ujarnya.

Pemasangan bentang pendekat tersebut dibawah pengawasan 20 teknisi atau para ahli dibididangnya, baik itu dari PT Hutama Karya selaku kontraktor utama,  PT Waagner Biro Indonesia (WBI) pembuat rangka, maupun tim ahli lainnya.

Dijadwalkan rangka baja bentang pendekat untuk masing-masing ujung jembatan Kartanegara dijadwalkan sudah selesai terpasang September 2014.

Rangka baja bentang pendekat untuk masing-masing ujung jembatan Kutai Kartanegara sudah tiba sejak Selasa (1/7) lalu, di lokasi pembangunan jembatan pengganti Golden Gate Tenggarong tersebut. 

"Rangka seberat 1.200 metrix ton itu dibawa dengan tongkang yang ditarik tug boat," ujar Budi.

Budi mengatakan, rangka yang dibuat oleh PT Waagner Biro Indonesia (WBI) dibawah lisensi dari Austria tersebut, sebelumnya telah melalui tahap ujicoba dan perakitan di pabriknya, yaitu di Cilegon, Banten pada Mei 2014 lalu. 

Perakitan tersebut guna memastikan komponen yang dibuat semuanya sudah sesuai, sehingga pada saat pemasangan di Tenggarong benar-benar sudah pas. Setelah dipastikan sesuai, lalu rangka baja itu dikapalkan melalui Tanjung Periok Jakarta menuju Tenggarong dengan tongkang Seno Hidayat V yang bertolak 14 Juni 2014 lalu dan tiba Selasa (1/7).

Budi menambahkan, pengiriman rangka baja bentang pendekat tersebut merupakan tahap pertama. Pengiriman tahap ke dua dijadwalkan sekitar Sepetember 2014 mendatang, yakni rangka baja bentang utama atau bentang tengah seberat 3 ribu metrix ton yang saat ini masih dalam proses pembuatan. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014