Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) menggelar pelatihan bagi pelatih (training of trainer/ToT) bola basket untuk mengembalikan kejayaan cabang olahraga tersebut seperti pada PON 2008-Kaltim dan PON 2012-Riau.

"Pelatihan pelatih cabang olahraga bola basket Lisensi B ini digelar selama empat hari pada 4-7 Juni 2024 agar para pelatih semakin terampil menularkan keahlian mereka kepada para atlet agar makin tangguh," ujar Kepala Dispora Kaltim M Agus Harikesuma di Samarinda, Rabu.

Peserta pelatihan bagi pelatih tersebut diikuti oleh 30 peserta dari perwakilan masing-masing Pengurus Cabang Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Pengcab Perbasi) se-Kaltim, kecuali Kabupaten Mahakam Ulu.

Pelatihan pelatih berlisensi merupakan hal sangat penting, karena selain untuk memperkukuh teknik maupun mental bagi atlet, juga bermanfaat besar bagi peserta pelatihan, yakni akan menjadi tolok ukur bahwa mereka memilih sertifikat pernah mengikuti pelatihan.

Untuk lisensi ini memiliki beberapa jenjang, yakni lisensi C khusus untuk pelatih tingkat kabupaten/kota, lisensi B untuk kabupaten/kota dan provinsi, dan lisensi A untuk pelatih tingkat kota/kabupaten, provinsi, dan nasional.

Lokasi pelatihan dilaksanakan di dua tempat, yakni di Hotel Fugo untuk penyampaian materi teori, kemudian praktik dilaksanakan di Lapangan Korem 091/ASN Samarinda.

"Penyampaian materi lebih banyak praktik karena banyak simulasi yang diterapkan langsung oleh pelatih dari PB Perbasi, didampingi pelatih dari Pengprov Perbasi Kaltim," katanya.

Agus minta seluruh peserta serius memperhatikan semua materi agar bisa mendedikasikan dan memberi kontribusi bagi berkembangnya atlet, sehingga mereka mendapat prestasi.

Ia juga minta kepada tim pelatih lain untuk tegas, termasuk mengeluarkan dari pelatihan jika ada peserta yang tidak mengikuti aturan dari pelatih.

"Termasuk harus tegas dalam pemberian kelulusan peserta, untuk mendapat pelatih yang benar-benar memiliki kompetensi sebagai pelatih Lisensi B. Saya juga minta Pengprov Perbasi Kaltim mengembalikan kejayaan bola basket Kaltim, sebagaimana yang telah ditorehkan pada PON 2008 Kaltim dan PON 2012 Riau," katanya.

Pembukaan pelatihan pelatih ini dihadiri Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah Aras, Ketua Umum Perbasi Kaltim Darwin Tadrin, Pejabat Administrator dan Analis Kebijakan Muda Dispora Kaltim, Perwakilan Kormi, Bapomi, Bapopsi, dan DBON.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024