Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan restoran Arena Botanika dari PT Arena Graha Andalan di Ibu Kota Nusantara bisa dipercepat untuk penyelesaiannya.
 
"Target pembangunan itu di semester pertama, perlu di percepat," kata Presiden setelah melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Arena Botanika, Rabu (5/6).
 
Hal itu Presiden sampaikan bukan tanpa alasan, sebab belakangan ini kegiatan di Kota Nusantara meningkat sangat pesat. Oleh sebab itu dibutuhkan akomodasi, transportasi dan fasilitas lainnya.
 
"Dan restoran Arena Botanika ini melengkapi fasilitas di IKN sehingga tidak perlu repot cari kuliner," jelasnya.
 
Jokowi mengungkapkan, bila ia membawa rombongan sebanyak 200 hingga 300 orang tidak ada tempat makan di Kota Nusantara tepatnya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).
 
"Problem beda, di sini makan siang, makan malam harus bawa tukang masak dari Jakarta. Pagi tadi tak makan dan siang nanti tidak tau makan dimana, tidak ada kejelasan," tutur Jokowi.
 
Oleh sebab itu, Jokowi mengaku sangat menghargai adanya restoran Arena Botonika di Kota Nusantara.
 
"Kami harap, peletakan batu pertama ini bisa menjadi pemicu agar menteri mau pindah ke sini," harap Jokowi
 
Di sisi lain, Jokowi juga memuji konsep yang diusung untuk pembangunan restoran tersebut, dimana ditampilkan di layar besar konsepnya telah menyesuaikan tata kelola lingkungan dan pembangunan di IKN.
 
Kemudian memiliki pencahayaan yang alami dan konsep pembangunan memaksimalkan air tanaman dan kayu dan bebatuan. 
 
Berada di zona kementerian, nampak jelas sayap kiri Garuda Istana Kepresidenan dari restoran tersebut. Selain itu, konsep pembangunan juga akan mengembalikan pohon ekaliptus
 
Direktur utama PT Arena Graha Andalan Dwiyanto Alamsyah mengatakan restoran  tersebut memiliki konsep modern Nusantara yang diselaraskan dengan alam sekitarmi 
 
"Kemudian harganya juga terjangkau buat masyarakat di Indonesia," ungkapnya.
 
Dwi berharap konsep dan pembangunan ini bisa mendukung visi misi pemerintah di Kota Nusantara .
 
"Kami yakin IKN akan tumbuh pesat dan dapat memacu pemerataan pembangunan di Indonesia, kami berkomitmen untuk bangun pusat kuliner yang penuh dedikasi dan diharapkan bisa menjadi ikon di Kota Nusantara," katanya.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024