Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan pemilihan Abdi Yasa Teladan 2024, sebagai jenjang awal program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dilaksanakan tiap tahun.

“Kegiatan ini menjadi agenda tahunan Kemenhub RI dengan tujuan untuk menanamkan budaya tertib berlalu lintas bagi para pengemudi jasa angkutan penumpang maupun barang,” ucap Kepala Dishub Kutim Joko Suripto, saat membuka pemilihan Abdi Yasa Telandan di Hotel Royal Victoria Sangatta, Senin.

Ia melanjutkan pemilihan Abdi Yasa Teladan  tersebut merupakan ajang menciptakan kesadaran bagi para sopir tentang pentingnya keselamatan dalam berkendara.

Menurutnya kegiatan itu bertujuan mempersiapkan standar kompetensi awak kendaraan angkutan umum di Kabupaten Kutim yang lebih profesional dan berkualitas.

“Kita perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) khususnya pengemudi yang taat peraturan dan selalu mengedepankan keselamatan dan keamanan dalam berkendara di jalan raya,” katanya.

Pemilihan Abdi Yasa Teladan di Kutim diikuti 30 peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa penyedia jasa angkutan. Selama proses pemilihan, para peserta akan diberikan materi dari para narasumber yang berkompeten, untuk menciptakan budaya tertib berlalu lintas.

"Kita akan memilih para pengemudi yang berkualitas dalam berkendara dan mampu menjadi penyambung informasi terkait keselamatan di kalangannya," harapnya.

Abdi Yasa menambahkan bahwa para peserta juga akan diuji langsung oleh para juri yang telah disiapkan, salah satu penilaiannya terkait pemahaman keselamatan berkendara di jalan raya.

Pewarta: Muhammad Hafif Nikolas

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024