Bupati Kabupaten Paser dr. Fahmi Fadli melepas sebanyak 243 jemaah calon haji tahun 2024 di gedung Awa Mangkuruku, Senin (27/5/2024). 

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Paser, kami mengucapkan selamat kepada para jemaah yang akan menunaikan ibadah yang sangat dinanti  setiap umat Islam, " kata  Fahmi.

Ia mengatakan, ucapan selamat kepada jemaah calon haji tentu beralasan, sebab menurut Bupati Fahmi ribuan bahkan jutaan umat beramai-ramai mendaftarkan diri dan rela antri bertahun-tahun agar dapat menunaikan rukun islam yang kelima.

Kepada para jemaah dia berpesan untuk memerhatikan kesehatan mengingat terdapat perbedaan cuaca antara di Indonesia dengan cuaca di tanah suci.

"Dengan kondisi cuaca yang sangat panas disana dan ramainya pengunjung, saya berpesan kepada bapak dan ibu agar selalu menjaga kesehatan," katanya.

Dia juga berharap  seluruh jemaah calon haji termasuk petugas agar selalu dalam lindungan Allah SWT, mengingat perjalanan yang ditempuh sangat  panjang dan melelahkan serta akan berkumpul dengan jutaan jemaah lainnya dari seluruh penjuru dunia.  

Oleh karena itu,  Fahmi mengingatkan  petugas pendamping jemaah haji untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

"Masyarakat Kabupaten Paser menitipkan ayah, ibu, kakak, adik, dan kerabat mereka kepada saudara selama sebulan lebih. Saudara memikul beban di pundak dalam menjaga dan melindungi para jemaah selama ibadah berlangsung hingga kembali ke tanah air," tuturnya

Fahmi juga meminta petugas pendamping haji agar selalu cepat tanggap dan responsif menangani semua jemaah terutama yang membutuhkan bantuan. Apalagi kebanyakan dari jemaah sudah berusia lanjut.

"Insya Allah tugas mulia yang saudara lakukan akan berbuah pahala berlimpah dari Allah SWT," ucapnya.

Pelepasan jemaah calon haji tersebut dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Pimpinan Daerah Muhammadiyah, dan Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), serta beberapa kepala perangkat daerah. (Adv) 

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024