Pada momentum Hari Kebangkitan Nasional, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur  melakukan pembinaan karakter anak muda di daerah tersebut dalam memperkuat ideologi kebangsaan.

"Kami menyadari bahwa menggali potensi dan literasi kebangsaan pada anak muda bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan kemajuan media informasi saat ini, kami optimistis bahwa generasi muda lebih terbuka untuk berpartisipasi membangun bangsa lingkup daerah," kata Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Kaltim Syarifudin Noor di Samarinda, Senin.
 
Ia menyampaikan, pada 2024 pihaknya diamanahkan untuk melakukan seleksi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Pembinaan kepada Paskibra merupakan bagian dari upaya meningkatkan minat dan partisipasi pemuda dalam pembangunan bangsa.
 
"Dengan bantuan dari Persatuan Psikolog Indonesia, anggota Paskibra diberikan kesempatan untuk lebih mengenal diri mereka sendiri dan potensi yang mereka miliki," katanya.
 
Syarif juga menyoroti pentingnya pemahaman tentang ideologi dan konstitusi negara. "Dari tes wawasan kebangsaan yang kami lakukan, terlihat bahwa masih banyak pemuda yang perlu meningkatkan literasi mereka tentang konsep-konsep dasar negara kita," tambahnya.
 
Ketika ditanya tentang perkembangan kebangkitan dan persatuan di Kalimantan Timur, Syarif menyatakan bahwa telah terjadi peningkatan signifikan sejak era reformasi.
 
"Meskipun masih ada jalan panjang yang harus ditempuh, kami percaya bahwa dengan pendidikan dan pembinaan yang tepat, generasi muda kita akan dapat membawa perubahan positif bagi masa depan bangsa," ucap Syarif. (Adv)

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024