Kepala Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (BI Kaltim) mengatakan Pekan Literasi yang digelar pihaknya merupakan salah satu strategi untuk mendongkrak sumber daya manusia (SDM) bangsa, karena kecerdasan diperoleh salah satunya melalui literasi.

"Bank Indonesia akan terus mendukung SDM Indonesia dengan meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan prestasi baik akademik maupun nonakademik seperti melalui beasiswa, pelatihan, dan lainnya," kata Kepala BI Kaltim Budi Widihartanto di Samarinda, Senin.

Peningkatan prestasi perlu terus dilakukan agar mampu menghasilkan SDM yang memiliki daya saing, kreatif, mandiri, produktif, dan memiliki literasi yang baik di berbagai bidang, terutama pada bidang yang diminati.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendongkrak SDM adalah melalui Perpustakaan BI (PusBI) Kaltim pada 17-18 Mei 2024, menggelar Pekan Literasi (Pentas) PusBI Kaltim dalam rangka World Book Day, untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat Kaltim.

Kegiatan ini berisi Bedah Buku Tere Liye, Ruang Temu Seminar Bookstagram dan 13 Library, berbagai perlombaan seperti lomba mewarnai, lomba resensi buku, dan lomba konten video.

Diisi pula dengan giat Dongeng Kreatif, Bazaar Buku, Donasi Buku, edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, dan sosialisasi perlindungan konsumen yakni Gelar Pekan (Peduli, Kenali dan Adukan).

"Literasi sebagai kunci penting untuk membuka pintu pengetahuan, sehingga untuk mendukung ini maka BI Kaltim menyediakan perpustakaan yang memiliki beragam koleksi dan dapat diakses secara langsung maupun secara daring melalui iBI Library," katanya.

Selain itu, BI Kaltim juga aktif menyelenggarakan kegiatan bulanan seperti Dongeng Kreatif Bersama PusBl Kaltim dan PusBI Pedia yang menghadirkan seminar dan workshop tematik.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Komunitas GenBI Kaltim dan Toko Buku Gramedia Samarinda untuk mengadakan Donasi dan Bazaar buku untuk meningkatkan akses buku kepada masyarakat.

Pentas PusBI Kaltim tersebut terbuka untuk umum yang dihadiri lebih 900 orang dari berbagai kalangan, dibuka oleh Kepala BI Kantor Perwakilan Kaltim, dihadiri Wakil Rektor Unikarta, Wakil Rektor UNU, Wakil Direktur Polnes, Wakil Dekan UINSI.

Hadir pula dari Dinas Pendidikan Kaltim, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kaltim serta kabupaten/kota, perwakilan dari akademisi, komunitas baca, dan masyarakat umum Kaltim.

Pentas PusBI juga ada ruang temu berupa seminar bertema "Explore The Book, Discover The World" menghadirkan Shintia Astarina, konten kreator tentang buku atau bookstagram yang menjelaskan perjalanan dari gemar membaca hingga menjadi influencer yang dapat menjadikan buku menjadi kesempatan untuk membuka dunia lebih luas.

Pentas juga menghadirkan NM Mirnayanti J.S selaku Asisten Direktur KPW BI Kaltim yang menjelaskan terkait perpustakaan digital BI, yaitu IBI Library yang dapat diakses gratis melalui smartphone.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024