Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat mengucurkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) untuk penanganan banjir yang melanda di kawasan tersebut.

Bantuan DSP tersebut sebesar Rp250 juta yang diserahkan secara simbolis oleh Direktur Mitigasi Bencana BNPB pusat Berton kepada Penjabat (pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik di Bandar Udara VIP Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Sabtu (18/5).

"Mungkin nanti Pemda Mahulu bisa dengan mudah menggunakan anggaran ini tanpa harus memikirkan hal apapun," tutur Berton seusai penyerahan.

Berton mengemukakan, Pemerintah pusat melalui BNPB sangat fokus untuk memberikan perhatian kepada masyarakat yang menjadi korban banjir di Mahulu.

Tak hanya uang tunai, dari BNPB juga memberikan sejumlah bantuan kebutuhan lainnya seperti tenda pengungsi sebanyak 3 unit, perahu karet dan mesin sebanyak 1 unit.

Kemudian tenda keluarga sebanyak 25 unit, 200 paket sembako, 200 paket makanan siap saji, serta 200 paket hygiene kit.

Selanjutnya 200 kembar matras, 200 lembar selimut, 50 lembar kasur lipat, 100 paket pakaian pria wanita dan anak, 25 unit velbed, 3 unit genset, 1 unit light tower, 2 unit lampu solar panel, dan 3 unit mesin alkon.

"Bantuan itu atas permintaan dari Pemda setempat," kata Berton.

PJ Gubernur Kaltim Akmal Malik yang mewakili  Pemda Mahulu mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan BNPB.(Adv)

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024