Dharma Wanita Persatuan Otorita Ibu Kota Nusantara (DWP OIKN) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) OIKN telah resmi menjalin kerja sama dengan Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) dalam langkah menuju pemberdayaan komunitas dan pengembangan berkelanjutan.

“Kami berharap melalui kerja sama yang ditandai nota kesepahaman (MoU) ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. DWP fokus pada kesejahteraan internal, sedangkan TP PKK lebih luas cakupannya, menjangkau masyarakat di IKN,” ujar Kepala TP PKK OIKN Lusie Susantono melalui keterangan tertulis yang diterima di Samarinda, Jumat.

Melalui kerja sama dengan IDN-Golbal, pihaknya ingin membantu Otorita IKN dalam program-program yang telah direncanakan, seperti pengentasan stunting dan transformasi pendidikan.

Kerja sama ini bertujuan untuk mengimplementasikan program-program yang mendukung pembangunan ekonomi, pendidikan, dan sosial budaya di wilayah OIKN.

Pihaknya berkomitmen untuk menyelenggarakan program penyuluhan kesehatan dan kegiatan yang mendukung kesejahteraan internal dengan fokus pada kesejahteraan anggota dan keluarga mereka. Di sisi lain, TP PKK OIKN menargetkan program-programnya kepada masyarakat luas di lingkungan IKN, termasuk pengentasan stunting dan pembangunan desa.

Ia mengatakan kolaborasi ini menjadi langkah konkret dalam mewujudkan visi bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan sinergi antara organisasi lokal dan global, TP PKK OIKN berharap dapat tercipta program-program yang inovatif dan berkelanjutan yang tidak hanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tetapi juga memperkuat jaringan antar-komunitas Indonesia di dalam dan luar negeri.

IDN-Global sebagai organisasi non-politis, nirlaba, dan independen, memiliki misi untuk memfasilitasi kerja sama antar komunitas Diaspora Indonesia di seluruh dunia. Organisasi ini berfokus pada tiga substansi utama: kesadaran, keterlibatan, dan pemberdayaan Diaspora Indonesia.

IDN-Global dengan kiprah yang diakui oleh banyak pihak termasuk pemerintah, berupaya untuk menyuarakan aspirasi anggotanya dan mendukung mereka dalam berkontribusi pada pembangunan Indonesia.

Penandatanganan MoU antara DPW OIKN dan TP PKK OIKN bersama IDN-Global yang berlangsung pada hari Rabu (15/5), menandai awal dari kolaborasi yang diharapkan dapat membawa dampak positif di berbagai sektor.

Acara penandatanganan MoU yang dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom ini dihadiri oleh perwakilan kedua belah pihak. Selain Lusie Susantono, juga hadir Ketua DWP OIKN Ratih Jaka Santos, beserta pengurus lainnya. Sementara itu Presiden IDN-Global Sulistyawan Wibisono juga turut hadir beserta para wakil Diaspora dari Australia, Mexico, Qatar, Taiwan, Los Angeles dan Texas-Amerika Serikat, Canada, Singapura, Turki, Diaspora Jawa serta tim sekretariatnya di Jakarta dan Solo.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024