Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 30 siswa SMK di Kalimantan Timur siap bersaing dalam Lomba Keterampilan Siswa tingkat nasional di Palembang, Sumatera Selatan.

"Sebanyak 30 siswa SMK itu akan bertanding di Palembang pada 18-23 Agustus 2014. Mereka merupakan siswa yang berhasil menjadi juara pertama dalam lomba tingkat Provinsi Kaltim pada 23-27 Juni," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Rabu.

Musyahrim yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Perguruan Tinggi Basmen Nainggolan berharap agar di antara 30 bidang keahlian yang dilombakan itu terdapat beberapa siswa yang berhasil meraih medali emas.

Secara keseluruhan cabang yang dilombakan di tingkat nasional terdapat 151 keahlian, sedangkan Provinsi Kaltim hanya mengikuti 30 cabang keahlian sehingga tidak mungkin bisa menjadi juara umum, tetapi untuk mendapatkan medali di beberapa cabang diyakini bisa.

Dalam LKS tingkat Provinsi Kaltim pada Juni lalu lanjut dia, pihaknya menyediakan uang pembinaan senilai Rp112,5 juta. Masing-masing juara dalam 30 cabang tersebut mendapat uang pembinaan yang sama, yakni juara 1 senilai Rp1,5 juta, juara 2 Rp1,25 juta, dan juara 3 Rp1 juta.

30 siswa juarai pertama yang siap mengikuti LKS tingkat nasional tersebut antara lain Dimas Arif Pangayom dari SMK Bhakti Loa Janan untuk bidang lomba Auto Mobile Technology, Fahmi Ramadhan dari SMKN 6 Samarinda bidang lomba Auto Cad, Nia Murdiana dari SMK Panca Darma Balikpapan cabang lomba Restoran Service.

Ilham Wahyudi dari SMKN 1 Berau bidang lomba Animation, Andri Wahyudi dari SMKN 2 Samarinda untuk bidang lomba Bricklaying, Syahril Syafar dari SMK Pelita Gama Penajam bidang lomba Production Machine, Novia SMKN 1 Samarinda cabang lomba Acounting, M Syarif Sabir SMKN 3 Berau cabang lomba Nautika.

Mulyana dari SMKN 2 Tenggarong cabang lomba Keramik, M Ansyori dari SMKN 2 Tenggarong cabang lomba Jewellery, Tomi dari SMKN 2 Tenggarong cabang lomba Wood Craft, Surya Syaputra dari SMKN 2 Samarinda cabang lomba Refrigeration, Saipul dari SMKN 2 Tana Grogot cabang lomba Lifestock.

Di antara tujuan LKS SMK adalah untuk mempromosikan perkembangan kualitas kerja siswa sesuai dengan kompetensi, memacu tiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar kerja.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kerja sama lebih erat antara lembaga pendidikan, dunia usaha, dan asosiasi profesi sehingga lulusan SMK yang ahli langsung dapat terserap di pasar kerja.    (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014