Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Edi Damansyah mengajak masyarakat partisipasi aktif menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada), salah satunya dengan saling mengingatkan datang ke tempat pemungutan suara (tps) pada 27 November mendatang.
 
"Warga Kukar saya imbau saling mengingatkan kepada teman, sahabat, maupun dengan keluarga saat bincang santai, yakni tentang tahapan Pilkada Kukar sudah dimulai oleh komisi pemilihan umum (kpu) sehingga nantinya pencoblosan akan dilaksanakan pada 27 November 2024," ujar Edi Damansyah di Tenggarong, Senin.
 
Ia melanjutkan, keberhasilan pesta demokrasi berupa pilkada ditentukan oleh beberapa hal, pertama adalah proses penyelenggaraan yang berjalan dengan baik oleh penyelenggara dan pengawas, yakni oleh KPU Kukar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar.

Kedua adalah tingkat partisipasi masyarakat dalam membantu mengawal proses pilkada ini supaya berjalan dengan baik, sampai kemudian tiap warga negara yang memiliki hak pilih menyalurkan suara untuk mencoblos di tps sesuai dengan keinginan, tanpa adanya unsur paksaan.
 
"Hal yang perlu digarisbawahi adalah partisipasi masyarakat Kukar dalam memilih pemimpin di pilkada mendatang sangat menentukan pemimpin masa depan, tentunya pilihan tersebut sesuai pilihan hati nurani masing-masing," katanya menegaskan.
 
Pemkab Kukar bersama Forkopimda Kabupaten Kukar, tentunya dengan masyarakat, lanjutnya, akan terus memberikan dukungan kepada KPU sehingga tahapan pemilihan berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.
 
Sementara Ketua KPU Kabupaten Kukar Rudi Gunawan mengatakan, Pilkada Kukar atau pemilihan Bupati dan Wabup Kukar merujuk proses demokrasi yang harus dilewati oleh seluruh masyarakat, untuk menghasilkan pemimpin yang benar-benar sesuai hati nurani.
 
"Pilkada akan dilaksanakan 27 November 2024, maka kami KPU Kukar berharap seluruh masyarakat berpartisipasi aktif agar pilkada ini sukses, maka semua warga kami ajak hadir datang ke tps dan menentukan masa depan Kukar," katanya.
 
Ia melanjutkan, ada tiga unsur penting yang terlibat untuk kesuksesan pesta demokrasi, yakni unsur penyelenggara, peserta, dan unsur pemilih, sehingga ketiganya harus saling mendukung.(Adv)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024