Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser pada rapat pleno terbuka Kamis malam (3/4) yang digelar di Hotel Kryad Sadurengas Tanah Grogot, telah menetapkan 30 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser yang terpilih pada Pemilu 2024. 

"Penetapan perolehan kursi dan anggota DPRD Paser dilakukan setelah terbit putusan (ahkamah Konstitusi (MK)  atas perkara perselisihan hasil pemilihan umum di Paser pada 29 April lalu,” kata Ketua KPU Paser , Ahyar Rosidi di Tanah Grogot.  

Ia mengatakan sebanyak 30 calon anggota DPRD Paser tersebut terpilih dari hasil rekapitulasi suara sah dari total empat daerah pemilihan yang tersebar di 10 kecamatan.

Ahyar menjelaskan dari  17 partai politik peserta pemilu 2024 di Kabupaten Paser,  hanya enam partai politik yang berhasil mengantarkan perwakilannya ke kursi parlemen, yakni  PKB, Golkar, Demokrat, Nasdem, Gerindra dan PDIP.

Dari data pleno KPU Paser, tiga besar partai peraih kursi terbanyak adalah PKB 12 kursi, Golkar 7 kursi dan Demokrat 5 kursi.

Dia mengingatkan kepada anggota DPRD Paser terpilih untuk segera melaporkan harta kekayaan kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (HKPN).

“Paling lambat 21 hari sebelum dilantik, anggota DPRD terpilih menyerahkan tanda terima pelaporan harta kekayaan kepada KPU Paser ,” kata Achyar.

Pada rapat pleno terbuka penetapan anggota DPRD Kabupaten Paser periode 2024-2029  di hadiri lima komisioner KPU Paser. Selain itu juga Bawaslu, perwakilan pemerintah Kabupaten Paser, Polres Paser, Kodim 0904/ Paser dan perwakilan partai politik.

Berikut jumlah kursi dan nama calon anggota DPRD Paser terpilih:

Partai PKB (12 Kursi)

Indra Pardian, Nurhayati SP
Zulfikar Yusliskatin
Edwin Santoso
Elly Ermayanti
Syukran Amin
Ilham Kholid
Hendra Wahyudi
Burhannudin
Agus Santosa
Kasri
Muhammad  Ramma Romiza Azhari

Partai Golkar ( 7 kursi)

Zulkifli Kaharuddin
 Basri Mansur
 Sultan Surya Pasha
  Hamsi
  Abdul Aziz
 Ikhwan Antasari
Umar

Partai Demokrat  ( 5 Kursi )

 Hendrawan Putra
  M. Nasir
  Arlina
  Andi Muhammad Rizal Ashari
  Abdullah

Partai Gerindra  ( 1 Kursi)

Sri Nordiyanti

Partai Nasdem  ( 3 Kursi )

 Raniyanto
 Lasminah
 Muhammad Jarnawi

Partai PDIP (2 kursi) 

Acong Aspiyek
 Hamransyah

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024