Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/Berau, Kalimantan Timur, menyiapkan para pemuda tangguh sebagai langkah awal menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 
 
"Penyiapan pemuda tangguh itu melalui seleksi kesamaptaan yang kami gelar di Lapangan Batiwakkal Tanjung Redeb, Berau," kata Komandan Seleksi Calon Anggota Paskibraka Serka Misyadi, yang juga prajurit Kodim 0902/Berau, dalam rilis Penerangan Korem 091/ASN di Samarinda, Jumat. 
 
Seleksi kesamaptaan, menurut Misyadi, bertujuan memastikan kesehatan mental dan fisik calon anggota Paskibraka agar saat menjalankan tugas upacara  17 Agustus telah siap, termasuk juga menghadapi kegiatan lain. 
 
Seleksi kesamaptaan itu terdiri dari sejumlah tes, seperti lari jarak jauh, daya tahan fisik, hingga tes mental yang mencakup berbagai latihan fisik.. 
 
"Tes kesamaptaan bukan hanya oleh personel TNI, tapi melibatkan para pelatih profesional, tenaga medis, bahkan psikolog, untuk memastikan tes kesamaptaan berjalan secara baik dan akurat," katanya. 

Baca juga: Kesbangpol:Paskibraka cetak calon pemimpin berkarakter Pancasila
 
Serka Misyadi mengatakan Kodim 0902/Berau sebagai satuan teritorial berkewajiban membantu Pemerintah Kabupaten Berau melaksanakan pembangunan semua bidang dan semua unsur masyarakat. 
 
Sedangkan terkait dengan persiapan peringatan upacara pada 17 Agustus, Kodim 0902/Berau membantu pembangunan pemuda agar lahir generasi muda yang siap dan disiplin. Pembangunan pemuda itu juga menjadi bekal pembangunan manusia secara utuh, bukan hanya terkait kegiatan pengibaran bendera Upacara 17 Agustus.

"Tes kesamaptaan merupakan langkah awal bagi calon anggota Paskibraka Berau 2024. Mereka yang lolos, akan menjalani berbagai jenis latihan hingga acara 17 Agustus," katanya. 
 
Seleksi Paskibraka itu diikuti 62 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), terdiri dari 31 putra dan 31 putri. Dari jumlah itu akan dipilih 33 orang, terdiri 16 putra dan 17 putri menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Berau.

Sementara, dua putra dan dua putri dari 62 siswa itu akan mengikuti seleksi Paskibraka Provinsi Kalimantan Timur, sehingga total ada 37 siswa yang masuk kuota.

Baca juga: Dispora dan Kesbangpol Kaltim kolaborasi bina Paskibraka

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024