Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam perekrutan calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Pendaftaran bagi anggota Panwascam sudah ada dibuka mulai tanggal 23 April hingga 2 Mei 2024. Sementara itu, pendaftaran untuk calon anggota Panwascam baru, akan dimulai pada tanggal 3 hingga 25 Mei 2024," terang Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Hari Dermanto di Samarinda, Rabu.

Bawaslu Kaltim mengundang seluruh warga Kaltim untuk mempersiapkan diri dan menjadi bagian dalam mengawal demokrasi sehat di daerah.

Dikemukakan Hari, perekrutan Panwascam Pilkada 2024 diharapkan dapat memanfaatkan pengalaman dari penyelenggaraan Pemilu serentak 2024. Pengalaman tersebut dinilai sebagai aset berharga yang akan berkontribusi pada kelancaran Pilkada serentak 2024.

Berbeda pada Pilkada 2020 lalu, dengan berakhirnya pandemi, Bawaslu Kaltim optimistis bahwa partisipasi pemilih akan lebih proaktif. Pengalaman Pilkada tahun 2018 dan 2020, serta Pemilu serentak 2024, menjadi dasar untuk memperkirakan kebutuhan penyelenggara di tempat pemungutan suara (TPS) yang diperkirakan persiapannya akan lebih mantap.

"Bawaslu Kaltim berharap bahwa proses perekrutan ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengawasi jalannya Pilkada 2024, sehingga dapat memastikan integritas dan keadilan dalam proses pemilihan umum," ungkapnya.

Panwascam yang sudah berpengalaman pada Pemilu serentak sebelumnya, lanjut Hari, sudah memiliki pemahaman terkait Pilkada. Sebab, menurutnya, pada saat penjaringan sebelumnya, soal-soal yang diujikan pada perekrutan Panwascam Pemilu serentak, juga menyinggung pertanyaan seputar Pilkada.

"Persiapan SDM pengawas Pilkada menjadi komitmen kami mengawal tahapan Pilkada Kaltim 2024," sebut Hari.

Bawaslu Kaltim berkomitmen untuk memastikan Pilkada 2024 berlangsung dengan integritas dan keadilan, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengawasan dalam pilkada.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pemilihan umum, Hari menekankan pentingnya pendidikan publik sebagai sarana utama. Pendidikan politik ini berperan vital dalam memastikan proses demokrasi yang berkualitas.
 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024