Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) secara resmi membuka gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) X tingkat provinsi di Samarinda, Rabu, sebagai ajang untuk menumbuhkan inovasi ekonomi kerakyatan.
 
"Ajang TTG ini menarik antusiasme peserta dari berbagai kabupaten, khususnya ibu kota Kaltim, yang menampilkan inovasi teknologi yang berpotensi besar untuk pengembangan lebih lanjut," ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi Kaltim Muhammad Syirajuddin.
 
Ia menekankan pentingnya peran pemerintah dalam mendampingi dan mensosialisasikan produk-produk inovatif yang diolah masyarakat.

Menurutnya, pemerintah mesti hadir untuk memfasilitasi, mulai dari permodalan hingga pemasaran, agar hasil inovasi warga dapat bermanfaat bagi pengembangan ekonomi kerakyatan.
 
"Pameran ini tidak hanya menjadi wadah bagi para inovator untuk menampilkan hasil karya mereka, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam membangun jembatan antara inovator dan dinas terkait," katanya.
 
Ia menjelaskan dalam mengungkit hasil inovasi dari masyarakat, maka Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindakop), Dinas Pariwisata dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) bisa berkolaborasi dalam menyediakan platform bagi para peserta untuk memasarkan produk mereka.
 
"Inovasi yang tersebar di pelosok-pelosok Kalimantan Timur harus mendapatkan perhatian khusus. Kami terus memotivasi kabupaten dan kota untuk turun langsung ke lapangan dan memfasilitasi pemasaran produk-produk inovatif ini," tambah Syirajuddin.
 
Pemprov Kaltim juga berkomitmen untuk mendampingi inovator dalam mencari bahan baku yang murah dan mudah didapat. Dalam hal bahan baku sulit dicari, pemerintah akan membantu melalui dinas terkait.
 
"Pembinaan berjenjang dari provinsi hingga kecamatan dan desa menjadi fokus utama untuk memastikan bahwa inovasi ini dapat berkembang menjadi industri yang berkelanjutan," ucapnya.
 
Syirajuddin berharap pada gelaran TTG X, hasil inovasi-inovasi yang ditampilkan dapat menarik perhatian lebih luas dan dikembangkan menjadi industri yang mampu mendukung ekonomi kerakyatan di Benua Etam.
 
TTG merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Pemprov Kaltim untuk mengumpulkan para inovator dan pengusaha dalam memamerkan teknologi yang dapat diaplikasikan untuk mendukung ekonomi lokal.
 
Pada TTG tahun 2024 di Kaltim, peserta yang berpartisipasi berasal dari Samarinda sebagai tuan rumah, kemudian Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Berau, Bontang, Balikpapan, Penajam, Paser, dan Kutai Timur.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024