Sebanyak sembilan desa di Kabupaten Paser mengikuti lomba desa berprestasi  yang digelar pemerintah daerah setempat yang dimulai pada 29 April hingga 6 Mei.

"Sembilan desa itu mewakili masing-masing kecamatan," kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Paser,  Sucipto, Jum'at (19/4). 

Kesembilan desa yang mengikuti lomba tersebut diantaranya Desa Jone, Kertabumi, Kerta Bhakti, Mendik Makmur, Kerang Dayo, Muara Payang, Libur Dinding, Samurangau, dan Long Pinang.

Ia menyebutkan melalui  kegiatan lomba desa  tersebut, akan diketahui capaian desa selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakatnya. 

Menurutnya lomba desa juga sebagai sarana apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dan pemerintah desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan, dan mensejahterakan desa," katanya. 

Adapun desa yang  mengikuti lomba, harus melengkapi persyaratan seperti dokumen pembaharuan data profil desa hasil evaluasi perkembangan desa dalam dua tahun terakhir (2002 dan 2003) yang di input melalui aplikasi Epdeskel. 

Lanjutnya, dokumen lain yang disiapkan, Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dua tahun terakhir, serta Perda Kabupaten tentang Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Dikemukakan Sucipto, ada beberapa indikator penilaian pada lomba desa yakni evaluasi bidang pemerintahan mencakup pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, penerapan e-government, pelestarian adat dan budaya.

Selanjutnya evaluasi bidang kewilayahan mencakup identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana, pengaturan inovasi, pelestarian lingkungan. 

Terakhir evaluasi bidang kemasyarakatan mencakup partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat.

"Harapan kami dari lomba desa dapat diperoleh desa  dengan kinerja terbaik yang menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, " kata Sucipto. 

 Sucipto menambahkan  desa yang berhasil meraih predikat terbaik satu akan mewakili Kabupaten Paser pada lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Timur. (Adv)
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024